SOLOPOS.COM - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Jawa Tengah (Jateng) menggelar bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di area Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (26/11/2023). Acara tersebut juga diwarnai dengan sosialisasi situs lelang.go.id dan acara lelang beberapa produk elektronik.(Solopos.com/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu Jawa Tengah (Jateng) menggelar bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di area Car Free Day (CFD) Solo, Minggu (26/11/2023). Acara tersebut juga diwarnai dengan sosialisasi situs lelang.go.id dan acara lelang beberapa produk elektronik.

Kemenkeu Satu Jateng yang terdiri dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Surakarta, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surakarta, KPP Madya Surakarta, Kantor Perbendaharaan Negara (KPPN) Surakarta, Kantor Pelayanan Bea dan Cukai (KPBC) Surakarta, Kanwil DJKN Jateng & DIY, KPTIK BMN Semarang, Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng, pada acara itu bersama-sama melakukan gerakan mengajak masyarakat membeli produk-produk UMKM.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Disampaikan bahwa Perwakilan Kemenkeu Jateng selama ini telah banyak melakukan banyak kegiatan dalam pembinaan dan pendampingan umum, baik dari sisi legalitas berusaha, pembukuan, ekspor, perpajakan, pembiayaan UMKM, dan pemasaran, salah satunya melalui lelang UMKM melalui situs www.lelang.go.id. Untuk itu dalam kesempatan tersebut Kemenkeu Satu Jateng mensosialisasikan lelang.go.id yang merupakan situs lelang resmi pemerintah untuk melakukan jual beli melalui lelang.

Pada kegiatan di CFD tersebut, KPKNL Surakarta juga melelang beberapa barang, di antaranya ada lemari es merk Sharp, televisi android 32 inch merk Polytron, dispenser Denpoo, air cooler Midea, rice cooker Miyako, kipas angin Advance dan keris pandawa. Produk-produk itu dilelang dengan nilai penawaran awal sekitar Rp20.000 dan tanpa uang jaminan. Dibagikan pula puluhan souvenir dan doorprize gratis bagi peserta acara yang beruntung. Berdasarkan pantauan Solopos com di lokasi, kegiatan lelang tersebut berlangsung meriah. Banyak warga di CFD yang tertarik untuk mengikuti lelang produk-produk elektronik.

Kegiatan CFD Kemenkeu Satu Jateng menjadi bukti kolaborasi antar unit eselon 1 di Kemenkeu. Sekaligus menjadi ajang untuk memberikan edukasi dan mempublikasikan tugas dan fungsi masing-masing unit Eselon 1 Kemenkeu kepada masyarakat.

“Jadi kami melakukan sosialisasi mengenai tugas dan fungsi masing-masing lembaga di lingkungan Kemenkeu Satu Jateng. Dengan begitu kehadiran Kemenkeu dapat dirasakan oleh masyarakat,” jelas Kepala KPKNL Surakarta, Mohamad Lukman Saleh, saat ditemui di CFD Solo, Minggu.

Disebutkan juga bahwa salama ini Kemenkeu selalu mendukung program kerja pengembangan dan pemberdayaan UMKM yang sudah dicanangkan oleh pemerintah. Tujuannya adalah agar kapasitas UMKM dapat meningkat dan naik kelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya