SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji di Makkah. (Freepik.com)

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia baru saja menetapkan biaya haji pada 2024 sebesar Rp93,47 juta. Biaya haji kerap menjadi sorotan terutama bagi umat muslim di seluruh dunia yang ingin menunaikan ibadah haji.

Pemerintah telah menetapkan besaran biaya ibadah haji (Bipih) yang dibayarkan jemaah tahun ini. Pemerintah Indonesia mengusulkan biaya perjalanan ibadah tersebut menjadi Rp69 juta per orang.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Namun, biaya yang harus dibayarkan jemaah haji asal Indonesia ini tidak setinggi jemaah dari negara lain, terutama dari kawasan Arab. Negara Arab menaikkan biaya haji dari tahun sebelumnya, karena inflasi global. Melansir dari beberapa sumber, berikut daftar negara dengan biaya haji termahal.

1. Qatar

Qatar menempati urutan pertama dengan biaya haji paling mahal. Menurut laporan New Arab, setiap warga Qatar yang ingin melaksanakan ibadah haji harus mengeluarkan dana sebesar US$10.971 atau sekitar Rp165 juta.

2. Uni Emirat Arab

Termasuk salah satu negara terkaya di dunia, biaya haji negara Emirates tentu sangatlah tinggi. Negara dengan ibu kota Dubai ini menetapkan biaya haji sebesar USD10.821 atau sekitar Rp163,1 juta.

3. Tunisia

Tunisia merupakan negara yang berada di dalam negara Arab yang menetapkan biaya haji terbilang mahal. Para jemaah haji Tunisia harus menyiapkan uang sebesar USD9.884 atau sekitar Rp149 juta untuk berangkat haji.

4. Amerika Serikat

Agen travel haji AS menetapkan harga paket haji dibanderol sekitar USD9.800 hingga USD13.500 atau setara dengan Rp141,4 juta sampai 194,8 juta.

5. Lebanon

Lebanon menjadi negara Arab dengan biaya haji tertinggi keempat setelah Tunisia. Para jemaah haji asal Lebanon harus menyiapkan uang senilai USD9.000 atau sekitar Rp135,6 juta.

6. Maroko

Harga paket haji untuk jemaah asal Maroko dibanderol sekitar USD7.689 atau setara dengan Rp116 juta.

7. Kuwait

Negara yang tidak terlalu luas di kawasan Timur Tengah ini memiliki biaya haji yang cukup mahal. Masyarakat Kuwait yang ingin berangkat ke tanah suci, harus menyediakan dana sebesar USD7.578 atau setara dengan Rp114,516 juta.

8. Bahrain

Jemaah asal Bahrain harus mengeluarkan dana sebesar USD7.559 atau setara dengan Rp114,183 juta.

9. Inggris

Jemaah asal Inggris harus menghabiskan dana sekitar USD6.860 hingga USD8.040 atau setara dengan Rp99 juta hingga Rp116 juta.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Deretan Negara dengan Biaya Haji Termahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya