SOLOPOS.COM - Ilustrasi lowongan kerja (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah perusahaan dengan gaji di Indonesia biasanya menjadi incaran para pencari kerja atau job seekers.

Perusahaan-perusahaan dengan gaji tinggi di Indonesia tersebut sebagian besar merupakan badan usaha milik negara (BUMN). Selain menawarkan gaji tinggi, perusahaan-perusahaan tersebut biasanya juga menawarkan jenjang karier yang jelas.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (14/11/2023) berikut sejumlah perusahaan dengan gaji tinggi di Indonesia:

1. PT Pertamina Persero

PT Pertamina merupakan salah satu perusahaan negara dengan gaji tinggi di Indonesia. Tak heran, gaji besar yang diterima pegawai Pertamina itu sering menjadi sorotan publik.

Perlu diketahui, gaji pegawai Pertamina berbeda-beda. Gaji petugas SPBU berkisar Rp1,9 juta hingga Rp5,1 juta per bulan. Sedangkan untuk posisi engineer memiliki gaji Rp30 juta hingga Rp33 juta. Semakin tinggi posisinya, semakin besar juga nominal gaji yang diterima yakni Rp63,5 juta hingga Rp68,9 juta per bulan.

2. PT Bank Mandiri Persero Tbk

Besaran gaji pegawai Bank Mandiri juga berbeda setiap posisinya, disebut-sebut mulai dari Rp3 juta hingga Rp74 juta per bulan. Gaji terendah pada posisi frontliner yaitu Rp3 juta hingga Rp4 juta per bulan.

Sedangkan posisi Management Training (MT) serta Officer Development Program memiliki gaji berkisar Rp6 juta per bulan. Gaji tertinggi di BUMN, khususnya Bank Mandiri, berada di posisi Branch Manager yaitu sebesar Rp68 juta hingga Rp74 juta per bulan.

3. PT Telkom Indonesia Persero Tbk

Perusahaan dengan gaji tinggi di Indonesia lainnya addalah PT Telkom. Dikabarkan, pegawai di posisi management trainer di PT Telkom memiliki gaji beskisar Rp7 juta hingga Rp8 juta per bulan. Posisi staf memiliki gaji Rp8 juta dan posisi senior manager memiliki gaji Rp39 juta hingga Rp43 juta per bulan.

Untuk gaji tertinggi di BUMN ini konon bisa mencapai Rp88 juta hingga Rp94 juta per bulan untuk posisi product manager.

4. PT Kereta Api Indonesia

PT KAI juga merupakan perusahaan yang disebut-sebut menawarkan gaji tinggi sehingga diminati pelamar kerja. PT KAI disebut-sebut menawarkan gaji Rp3 juta hingga Rp5 juta per bulan, itu belum termasuk benefit yang akan diterima seperti tunjangan kinerja, transportasi, anak dan istri.

Pada posisi masinis gaji yang ditawarkan berkisar Rp13 juta. Gaji tertinggi di BUMN ini berada pada posisi manajemen hingga senior manager yakni Rp18 juta hingga Rp30 juta.

5.PT Bank Rakyat Indonesia

Besaran gaji pegawai BRI untuk posisi staf dikabarkan sebesar Rp4 juta hingga Rp6 juta per bulan. Untuk posisi service quality assurance memiliki gaji sebesar Rp19,5 juta hingga Rp32,5 juta per bulan. Gaji tertinggi di BUMN ini berada pada posisi direksi yang memiliki gaji mencapai Rp220 juta per bulan.

6. PT Jakarta International Container Terminal (JICT)

Perusahaan dengan gaji tinggi di Indonesia adalah PT JICT yang bergerak pada sektor layanan bongkar muat petikemas baik ekspor maupun impor. Pemegang Saham JICT dimiliki oleh PT Pelindo II dan Hutchison Ports, Hongkong. Meski terdapat saham perusahaan asing, JICT yang beroperasi penuh di Indonesia sudah barang tentu tetap harus tunduk dan menjunjung tinggi aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Melansir dari idxchannel, berdasarkan laporan keuangan JICT, gaji pegawai level staff mencapai Rp35,9 juta per bulan, Supervisor mencapai kisaran Rp60,19 juta per bulan dan level senior staff mencapai Rp68,19 juta per bulan.

7. PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan yang beroperasi Provinsi Papua. Meski berada di remote area, perusahaan ini cukup bergengsi dan tidak pernah sepi pelamar karena gaji serta benefit yang didapatkan pun relatif tinggi. Karyawan dengan level staff (IT, Engineer, Technician, Mechanic) bisa mendapatkan kisaran Rp10 juta hingga Rp63 juta per bulannya.

8. PT Astra International Tbk.

Astra International bergerak di sektor otomotif sejak tahun 1957 ini memiliki banyak anak perusahaan di berbagai bidang. Mulai dari pertambangan, perkebunan sawit, asuransi hingga properti. Namun, setiap anak perusahaan tentu memiliki kebijakan yang berbeda, termasuk perihal besaran gaji. Namun sebagai rata-rata, mendapatkan kisaran Rp5 juta hingga Rp60 juta per bulan.

9. PT Exxon Mobil Indonesia

Exxon mobil bergerak di sektor energi dan manufaktur bahan kimia. Perusahaan ini mengeksplorasi minyak dan gas alam di enam benua, dan telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 123 tahun. Sebagai salah satu pemimpin perusahaan migas terbesar di dunia, tentu gaji karyawan pun relatif tinggi, yaitu kisaran Rp4 juta hingga Rp31 juta per bulan.

Itulah ulasan tentang sejumlah perusahaan dengan gaji tinggi di Indonesia yang menjadi incaran para pencari kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya