SOLOPOS.COM - Ilustrasi jual beli saham. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi bergerak terbatas dalam rentang 7.200-7.300 pada Kamis (28/12/2023) ini.

Sejumlah rekomendasi saham pilihan adalah BBCA, BBNI, ICBP, BSDE, TBIG, KLBF, PWON.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

CEO Yugen Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan perkembangan pola gerak IHSG dalam melalui pekan pendek ini bergerak cukup moderat dan terlihat masih betah berada dalam rentang konsolidasi wajar.

“Selama IHSG belum mampu ditutup di atas resisten level terdekat maka peluang konsolidasi akan semakin terbuka lebar,” paparnya dalam publikasi riset seperti dilansir Bisnis.com.

Selain itu, pergerakan IHSG masih akan diwarnai oleh sentimen dari fluktuasi nilai tukar rupiah dan harga komoditas. Hari ini IHSG berpotensi bergerak dalam rentang terbatas 7.123-7262.

Sementara itu, Tim Riset Phintraco Sekuritas menjelaskan IHSG membentuk gravestone doji pada perdagangan Rabu (27/12/2023), dan didukung penyempitan positive slope pada MACD.

“IHSG diperkirakan akan konsolidasi di pivot level 7.250 pada Kamis [28/12/2023],” tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas, Rabu (27/12/2023).

Phintraco Sekuritas memperkirakan resistance IHSG berada pada level 7.300, dengan support pada 7.200 hari ini. Menurut Phintraco Sekuritas, sentimen terhadap IHSG akan datang dari data terbaru ekonomi AS.

Data ini membangun ekspektasi pasar The Fed akan menurunkan suku bunga acuan pada kuartal I/2024. CME Fedwatch Tool menunjukkan probabilitas pemangkasan The Fed Rate sebesar 71,3% pada FOMC Maret 2024.

Hal ini memicu penguatan nilai tukar rupiah sebesar 0,355% ke level Rp15.425 dolar AS di Rabu (27/12/2023) sore. Sementara itu, dari dalam negeri sentimen datang dari hari perdagangan yang lebih singkat pada pekan ini, menyusul libur pergantian tahun. Hal ini turut mempengaruhi sikap hati-hati pelaku pasar.

“Akan tetapi, kinerja investasi berpotensi meningkat sejalan dengan kepercayaan investor terhadap fundamental perekonomian domestik,” tuturnya.

Phintraco Sekuritas menuturkan pelaku pasar dapat memperhatikan saham-saham dengan peluang rebound dan rebound lanjutan seperti HRUM, EMTK, CMRY, SMDR, TINS, dan ANTM untuk perdagangan besok.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 8,40 poin atau 0,12 persen ke posisi 7.245,92. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 1,36 poin atau 0,14 persen ke posisi 968,72.

“Investor tampak berpegang teguh pada optimisme bahwa bank sentral AS (Federal Reserve) dapat mulai memangkas suku bunga acuan paling cepat bulan Maret 2024,” sebut Tim Riset Phillip Sekuritas Indonesia dalam kajiannya di Jakarta, Rabu (27/12/2023) seperti dilansir Antara.

Bursa saham Asia Rabu (27/12) sore mayoritas di tutup menguat dengan indeks MSCI Asia-Pasifik di luar Jepang naik lebih dari 1 persen ke level tertinggi dalam lebih dari empat bulan terakhir.

Berdasarkan Indeks Sektoral IDX-IC, sepuluh sektor meningkat yaitu dipimpin sektor infrastruktur sebesar 1,58 persen, diikuti sektor transportasi & logistik dan sektor energi yang masing-masing naik sebesar 1,56 persen dan 0,59 persen .

Sedangkan, satu sektor turun yaitu sektor barang konsumen primer yang turun minus 0,02 persen.

Saham-saham yang mengalami penguatan terbesar yaitu AVIA, BULL, LEAD, CAKK dan CLEO. Sedangkan saham-saham yang mengalami pelemahan terbesar, yakni RAJA, UDNG, PRIM, MLPL, dan PTPS.

Frekuensi perdagangan saham tercatat sebanyak 943.024 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 17,54 miliar lembar saham senilai Rp10,48 triliun. Sebanyak 263 saham naik, 261 saham menurun, dan 241 tidak bergerak nilainya.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya