SOLOPOS.COM - Jajaran direksi baru Great Eastern Life Indonesia, dari kiri ke kanan: Hana (Direktur Keuangan), Nina Ong (Presiden Direktur), Yungki Aldrin (Direktur Kepatuhan), Roy Hendrata Gozalie (Direktur Pemasaran). (Istimewa/Great Eastern Life Indonesia)

Solopos.com, JAKARTA–Great Eastern Life Indonesia mencatatkan pencapaian positif selama 2023. Tahun lalu, Great Eastern Life Indonesia membukukan total laba bersih sebesar Rp208 miliar serta total premi terkumpul sebesar Rp3,7 triliun atau meningkat 17% dibandingkan  tahun sebelumnya.

Selain itu, Great Eastern juga mencetak total aset sebesar Rp12,2 triliun atau tumbuh sebesar 23% dari tahun sebelumnya. Sedangkan dari sisi tingkat kecukupan modal, Great Eastern Life Indonesia tetap kuat dengan mencatatkan RBC (Risk-Based Capital) sebesar 326% —jauh di atas rasio minimal yang disyaratkan OJK sebesar 120%.

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

Jika dibandingkan dalam lingkup industri, mengutip keterangan resmi dari Great Eastern Life Indonesia, Kamis (2/5/2024), catatan pertumbuhan positif Great Eastern Life Indonesia tersebut melampaui  atau berada di atas rata-rata pertumbuhan industri asuransi jiwa.

Berdasarkan rilis resmi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) 2, tercatat total premi industri asuransi jiwa sebesar Rp92,33 triliun atau meningkat 14,1% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, jumlah aset industri asuransi jiwa Rp614,61 triliun dengan rata-rata pertumbuhan hanya meningkat sebesar 0,7% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif ini pun tercermin dengan masuknya Great Eastern Life Indonesia sebagai salah satu jajaran perusahaan asuransi jiwa dengan premi bruto terbesar di tahun 2023.

Great Eastern Life Indonesia juga berhasil mempertahankan posisi sebagai salah satu dari 10 perusahaan asuransi jiwa teratas (joint venture life insurance) untuk jalur distribusi bancassurance di Indonesia berdasarkan total weighted new sales dan pangsa pasar.

Lebih dari sekadar angka, kinerja keuangan tersebut mencerminkan keberhasilan Great Eastern Life Indonesia dalam menjalankan berbagai langkah strategis guna menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap perlindungan asuransi.

Tak hanya itu, kinerja positif Great Eastern Life Indonesia juga diraih berkat hubungan dan sinergi yang kuat dengan mitra utama, Bank OCBC, maupun mitra bancassurance lainnya serta mitra afinitas untuk memasarkan produk digital Great Eastern Life Indonesia di situs GoGREAT!

Pilihan Dana Investasi Baru

Sepanjang tahun 2023, Great Eastern Life Indonesia terus berinovasi dari sisi produk dengan peluncuran produk GREAT Protection Link dan GREAT Investlink Protection. Kedua produk ini diluncurkan untuk menjawab kebutuhan nasabah akan produk PAYDI (Produk Asuransi Yang Dikaitkan dengan Investasi) sekaligus penyempurnaan produk agar sesuai dengan ketentuan SEOJK 5/2022.

Selain memenuhi ketentuan OJK, kedua produk baru unit link baru tersebut juga dilengkapi dengan pilihan dana investasi (fund) baru yaitu GreatLink Intelligence Equity Fund yang menggunakan teknologi AIOI (Artificial Intelligence of Investment) dalam pengelolaannya.

Dari sisi inovasi layanan, Great Eastern Life Indonesia terus konsisten mengembangkan dan menyempurnakan berbagai transformasi digital yang telah ada dengan peluncuran Customer Portal GoGREAT! Services yang memudahkan nasabah asuransi individu untuk mengakses polisnya secara mandiri, melakukan perubahan data nasabah ataupun melakukan Fund Switch secara mandiri tanpa biaya (untuk nasabah dengan Polis Unit Link).

Tak hanya customer portal, Great Eastern Life Indonesia terus mengembangkan Aplikasi Great Eastern Corporate (GEC App), untuk memudahkan nasabah asuransi Kumpulan melihat manfaat asuransinya, mengajukan klaim secara online, melihat daftar rumah sakit atau penyedia layanan kesehatan terdekat serta memberikan kesempatan kepada nasabah untuk menambah manfaat asuransinya.

Selain itu, ada juga Great Eastern Corporate Portal yang terus dikembangkan untuk memudahkan Human Capital ataupun Broker dalam mengelola detail asuransi kumpulan yang dimiliki.

Semangat Jadi Hebat, Reach for Great, juga senantiasa dikampanyekan untuk menunjukkan bahwa Great Eastern Life Indonesia ada untuk mengiringi setiap tahap kehidupan semua lapisan masyarakat, tak terkecuali generasi sandwich—generasi yang menanggung hidup lebih dari dua generasi.

Secara khusus, Great Eastern Life Indonesia telah meluncurkan kampanye bertajuk Reach for Great Generation yang bertujuan menginspirasi semua generasi sandwich agar dapat menjadi Great Generation.

Lewat kampanye yang menjangkau lebih dari 3 juta generasi sandwich ini, Great Eastern Life Indonesia membuktikan solusi perlindungan juga tersedia untuk semua segmen masyarakat, termasuk untuk generasi sandwich.

Semangat Keberlanjutan Lingkungan

Di sepanjang tahun 2023, Great Eastern Life Indonesia juga terus menggaungkan semangat keberlanjutan (sustainability) lewat pesan Reach for a Greater Tomorrow.

Jadi Hebat juga berarti peduli dengan lingkungan dan masyarakat di sekitar tempat Great Eastern Life Indonesia beroperasi. Semangat ini juga tercermin dalam keberlangsungan bisnis untuk tujuan jangka panjang dengan berlandaskan pada pilar keberlanjutan lingkungan (environment), sosial (social), dan tata kelola (governance).

Lewat berbagai insiatif sustainability, Great Eastern Life Indonesia telah berhasil membantu lebih dari 12.000 masyarakat, termasuk membantu mengurangi sampah dengan mendistribusikan 5.000 kantong belanja ramah lingkungan sebagai pengganti plastik sekali pakai ke seluruh Indonesia yang berkolaborasi dengan Saya Pilih Bumi (bagian National Geographic Indonesia).

Sementara itu, untuk membantu mengurangi polusi udara, Great Eastern Life Indonesia telah berkontribusi nyata menyerap 14.058 CO2 emisi karbon lewat upaya penanaman mangrove bersama Carbon Ethics.

Pada 2023, Great Eastern Life Indonesia juga telah mendukung anak Indonesia lewat kolaborasi bersama SOS Children’s Villages Indonesia dalam Run To Care 2023.

Sejalan dengan tujuan pemerintah dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat, di sepanjang tahun 2023, Great Eastern Life Indonesia telah meningkatkan lebih dari 50% angka literasi finansial masyarakat lewat 6 kelas untuk beragam segmen peserta kelas.

Inisiatif-inisiatif tersebut juga telah berkontribusi terhadap 12 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), di mana di antaranya ialah tujuan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat serta kualitas edukasi.

Berbagai inovasi produk, layanan, brand campaign maupun inisiatif program keberlanjutan yang telah diluncurkan membawa Great Eastern Life Indonesia meraih  pengakuan dari berbagai organisasi terkemuka, baik skala nasional maupun internasional dengan total 34 penghargaan bergengsi.



Beberapa di antaranya Digital Initiative of The Year – Indonesia & ESG Initiatives of The Year – Indonesia dari  Insurance Asia Award 2023; Top Insurance Employers 2023 Insurance Business Asia; Life Insurance Market Leaders Award 2023 dari Media Asuransi; The Best Market Driving, The Best in Marketing Campaign, dan The Best in Social Marketing dalam Marketing Award 2023 dari Majalah Marketing; serta Asuransi Terbaik 2023 dari Majalah Investor.

“Hasil kinerja positif serta berbagai inovasi dan inisiatif di tahun 2023 tidak sekadar menjadi keberhasilan Great Eastern Life Indonesia, tetapi juga menjadi motivasi kami untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas, baik dari sisi penyediaan produk maupun layanan,” ungkap Nina Ong, Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia.

“Kami berkomitmen mempertahankan kepercayaan nasabah dan membersamai setiap tahap kehidupan nasabah dengan beragam solusi perlindungan agar nasabah bisa meraih berbagai aspirasi dalam kehidupannya dan Jadi Hebat, Reach for Great,” tambahnya.

Babak Baru Kepemimpinan Great Eastern Life Indonesia

Sebagai bagian dari langkah strategis guna mencapai tujuan jangka panjang dan meningkatkan daya saing di pasar, Great Eastern Life Indonesia mengumumkan jajaran kepempinan baru.

Per 2 Mei 2024, Nina Ong resmi dilantik menjadi Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Clement Lien Cheong Kiat yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik selama 9 tahun kepempimpinan sejak tahun 2015.

Nina Ong bukanlah sosok asing di industri asuransi. Dia memiliki rekam jejak dalam memimpin dan mengembangkan bisnis asuransi dengan pengalaman selama lebih dari 20 tahun di berbagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia maupun Asia.

Kemampuan kepemimpinan Nina yang visioner, dipadukan dengan pengetahuan dan keahliannya yang mendalam di industri asuransi jiwa, menjadikannya sosok yang tepat untuk menakhodai Great Eastern Life Indonesia di era yang baru.

Bersama dengan Nina Ong, dua direksi baru yaitu Roy Hendrata dan Hana juga telah ditunjuk untuk bergabung dalam jajaran direksi Great Eastern Life Indonesia sesuai keahlian dan kompetensinya.

Berikut susunan baru direksi Great Eastern Life Indonesia:

  1. Nina Ong, sebagai Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia.
  2. Yungki Aldrin, sebagai Direktur Kepatuhan Great Eastern Life Indonesia.
  3. Roy Hendrata Gozalie sebagai Direktur Pemasaran Great Eastern Life Indonesia yang ahli dalam strategi pemasaran guna meningkatkan daya saing di pasar dan menjangkau lebih banyak nasabah.
  4. Hana sebagai Direktur Keuangan Great Eastern Life Indonesia yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan perusahaan dengan fokus pada efisiensi dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Kombinasi kepemimpinan baru ini menandakan komitmen Great Eastern Life untuk terus berinovasi dan memberikan perlindungan yang relevan guna membantu masyarakat bisa Jadi Hebat, Reach for Great.

Di bawah kepemimpinan Nina Ong beserta jajaran direksi yang baru, Great Eastern Life Indonesia optimistis untuk terus Jadi Hebat dalam mencapai pertumbuhan berkelanjutan dan memperkuat posisi sebagai perusahaan asuransi yang dikenal akan keunggulannya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya