SOLOPOS.COM - Indomaret merupakan salah satu minimarket favorit warga Solo untuk membayar angsuran kredit. Foto diambil, di Indomaret kawasan Gilingan, Ngemplak, Solo, Senin (11/6/2023). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Digitalisasi keuangan kian berkembang, namun masih banyak warga Solo yang memilih membayar cicilan kredit melalui minimarket seperti Indomaret.

Mereka menyebut, pembayaran melalui Indomaret lebih aman dan mudah meskipun harus membayar biaya transaksi sebesar Rp2.500 hingga Rp6.500.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Warga yang memilih bayar cicilan via Indomaret merasa kesulitan jika menggunakan layanan mobile banking atau transfer melalui ATM.

Sedangkan di Indomaret, mereka tinggal memberikan sejumlah uang ke penjaga toko untuk melakukan transfer.

Warga Nusukan Masitoh, 54, masih setia melakukan pembayaran dengan Indomaret setelah sempat membayar di bank namun mengalami kegagalan transaksinya.

“Saya ada tanggungan cicilan motor di Adira, per bulan membayar Rp400.000. Dulu sempat bayar di bank melalui rekening anak saya, tapi justru nyangkut,  saya sempat panik meskipun akhirnya tetap terbayarkan. Semenjak itu saya memilih bayar di Indomaret saja supaya lebih mudah dan pasti terkirim,” ucapnya kepada Solopos.com Minggu (11/6/2023).

Bagi Masitoh, biaya transaksi sebesar Rp6.500 yang harus dibayarkannya tidak menjadi masalah.

“Ya enggak masalah asalkan langsung masuk cicilannya, daripada harus menunggu sehari karena uangnya tidak terkirim. Dari pihak Adira juga menyarankan membayar lewat Indomaret saja daripada ke bank,” jelasnya.

Pilihan yang sama dilakukan oleh warga Nusukan yang lain yakni, Yulianto, 50. Ia merasa lebih mudah membayar cicilan di minimarket karena tinggal memberikan sejumlah uang ke kasir beserta nomor rekening.

Dibandingkan harus ke ATM atau melalui mobile banking.

“Anak saya bisa membayarkan melalui mobile banking, tapi saya enggak paham caranya bagaimana. Ke ATM juga saya belum begitu paham mengisinya bagaimana,” ucapnya.

Yulianto menambahkan pembayaran melalui Indomaret atau Alfamart  lebih mudah karena cukup menyerahkan uang.

Meski demikian, Yulianto juga pernah mengalami masalah saat bertransaksi seperti nota yang tidak bisa tercetak hingga uang yang tertahan.

“Lebih gampang kalau ke Indomaret sekalian beli barang lainnya. Tapi ya pernah uangnya enggak ketransfer jadi saya harus menunggu lama sampai akhirnya terkirim, pernah juga uangnya terkirim tapi notanya enggak tercetak,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya