SOLOPOS.COM - Dalam ajang Inacraft on October 2023, BNI secara khusus melakukan showcasing UMKM binaan yang telah mampu mengimplementasikan praktik ekonomi berkelanjutan. (Istimewa/BNI)

Solopos.com, SOLO — Animo pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk dapat memperkuat kinerja bisnis melalui pasar global semakin tinggi.

Terlebih kondisi pasar global saat ini cukup kondusif, dan semakin banyak konsumen dunia yang menyukai produk kerajinan tangan bernilai seni dan khas dari Indonesia.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan berharap pelaku UMKM terus menjaga semangat sambil terus proaktif memperkuat kapasitas dan kapabilitas agar mampu naik kelas dan go global.

“Kesempatan untuk naik kelas dan go global masih terbuka sangat lebar. BNI sebagai mitra UMKM untuk go global memiliki berbagai produk serta program yang dapat membantu UMKM menembus pasar internasional,” katanya dalam keterangan tertulis.

Putrama menyampaikan beberapa saran yang dapat dijalankan oleh pelaku UMKM untuk dapat go global. Pertama adalah mengikuti pelatihan dan pendampingan secara rutin, khususnya yang diselenggarakan oleh Kementerian dan Lembaga, Instansi, dan Asosiasi yang expert dalam hal pengembangan UMKM.

Kedua, pelaku UMKM perlu terus meningkatkan kapabilitas dan literasi digital untuk kelangsungan usaha hingga menembus pasar global.

“Selanjutnya, pelaku UMKM perlu konsisten dalam mencari buyer dengan cara menghubungi instansi perwakilan Indonesia di luar negeri seperti atase perdagangan atau Indonesia Trade Promotion Center (ITPC),” imbuhnya.

Putrama melanjutkan perseroan memiliki platform BNI Xpora yang dapat diakses oleh pelaku UMKM melaluk situs www.xpora.bni.co.id.

Pelaku UMKM dapat melengkapi data usaha, mengunggah foto produk, dan spesifikasi produk. Data yang disampaikan menjadi informasi awal bagi calon buyer dapat mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

“Dengan tergabung dalam ekosistem BNI Xpora, pelaku UMKM juga akan mendapat info pelatihan dan pendampingan, event business matching hingga pameran,” sebutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya