SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi. (Antara/Muhammad Bagus Khoirunas)

Solopos.com, SOLO–Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Peternakan (Distan KPP) Kota Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) daging sapi di tiga pasar tradisional menjelang Lebaran 2024, Kamis (4/4/2024).

Kepala Bidang (Kabid) Veteriner Distan KPP Kota Solo, Agus Sasmito, menjelaskan sidak tersebut bertujuan untuk melakukan pengawasan serta berfungsi sebagai pembinaan peredaran daging dari luar Kota Bengawan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Bertujuan pengawasan dan pembinaan peredaran daging dari Luar Kota Solo,” terang Agus saat dihubungi Solopos.com, pada Kamis.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan sidak daging sapi tersebut dilakukan di Pasar Jongke Solo, Pasar Kadipolo Solo, serta Pasar Nusukan Solo.

Dia menyebut pihaknya memilih sidak di Pasar Nusukan Solo karena di sana jumlah penjualan daging dan pedagang daging sapi dan pedagang daging ayam cukup banyak. “Selain di Pasar Nusukan juga dilakukan di Pasar Jongke, dan Pasar Kadipolo,” kata dia.

Sebanyak tujuh petugas dari Distan KPP Kota Solo berkolaborasi melalui jejaring keamanan pangan daerah (JKPD) terjun dalam sidak tersebut.

Petugas menemukan daging basah sebanyak 60 kilogram (kg), Agus menguraikan petugas juga menemukan pedagang daging tidak membawa dokumen surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Berdasarkan hasil sidak tersebut, Distan KPP Kota Solo bakal menindaklanjuti sejumlah temuan yang ada. Agus mengaku akan melakukan peringatan lisan, pembinaan, dan imbauan kepada para pedagang. “Tindak lanjut, peringatan lisan, pembinaan dan imbauan kepada pedagang,” ujarnya.

Sebelumnya, sidak makanan dan minuman juga dilakukan di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo. Sejumlah makanan kering kedaluwarsa ditemukan di satu kantin di lingkungan Terminal Tirtonadi Solo dalam sidak yang dilakukan bekerja sama dengan tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, pada Kamis (21/3/2024).

Dalam sidak tersebut, pedagang beralasan makanan kedaluwarsa itu belum diambil oleh pemasok. Sidak ini dilakukan oleh Terminal Tirtonadi Solo dengan Dinkes setempat jelang mudik Lebaran 2024.

Pengawas Satuan Pelayanan (Wassatpel) Terminal Tirtonadi, Bandiyono, mengatakan, sidak ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang yang akan turun di Terminal Tirtonadi Solo jelang Lebaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya