SOLOPOS.COM - Ilustrasi emas batangan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, terdapat 22 barang penumpang yang tertinggal di stasiun maupun kereta api (KA). Sementara total nilai barang yang tertinggal tersebut diperkirakan lebih dari Rp113 juta.

Manager Humas Daops 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menyampaikan total selama 18 hari masa Angkutan Nataru 2023/2024, Daops 6 telah mengembalikan sebanyak 22 barang temuan yang tertinggal kepada pemiliknya.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Adapun jenis barang tersebut diantaranya laptop, HP, emas batangan, tablet, koper, dompet, dan tas dengan taksiran senilai Rp113.150.000,” kata dia dalam rilis, Senin (8/1/2024).

Sebelumnya, pada 28 Desember 2023, Daops 6 mencatat ada 10 barang pelanggan yang tertinggal. Baik di stasiun atau di KA. Barang-barang penumpang yang tertinggal tersebut kemudian diamankan petugas untuk kemudian dikembalikan kepada pemiliknya.

Menurutnya, dalam hal ini petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area-area ruang tunggu dan di atas KA. Terlebih pada saat kereta api tiba di stasiun tujuan akhir, petugas akan melakukan pengecekan di setiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal.

Ketika ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan yang tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan melakukan pencarian. Jika barang itu dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor.

Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan. Ketika barang ditemukan maka untuk proses penyerahan, pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya