SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas pangan. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, SOLO–Pada hari Selasa (30/1/2024) ini, harga sejumlah bahan pangan di Provinisi Jawa Tengah naik tipis dibandingkan sebelumnya. Harga bahan pangan yang meningkat di antaranya beras, minyak goreng curah, serta gula pasir.

Sementara itu, harga cabai merah, daging sapi, bawah putih, serta minyak goreng kemasan cenderung turun. Mengutip informasi dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPSN), berikut ini daftar harga bahan pokok di Jawa Tengah pada Selasa ini:

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

1. Beras kualitas bawah I, harga naik menjadi Rp13.500/kg

2. Beras kualitas medium II, harga naik menjadi Rp14.050/kg

3. Beras kualitas super I, harga naik menjadi Rp15.900/kg

4. Cabai merah besar, turun menjadi Rp57.950/kg

5. Cabai merah keriting, turun menjadi Rp50.900/kg

6. Daging sapi kualitas 1, harga turun menjadi Rp129.800/kg

7. Minyak goreng curah, harga naik menjadi Rp16.100/kg

8. Gula pasir kualitas premium, harga naik menjadi Rp18.250/kg

9. Gula pasir lokal, harga naik menjadi Rp17.000/kg

10. Bawang putih ukuran sedang, harga turun menjadi Rp39.100/kg

11. Minyak goreng kemasan bermerek 2, harga turun menjadi Rp17.150/kg

Harga pangan Jawa Tengah tersebut diolah dari Pusat Informasi Harga Pangan Strategi Nasional (PIHPSN) pada laman https://www.bi.go.id/hargapangan yang merupakan program Kementerian Perdagangan.

PIHPS Nasional menyediakan informasi harga komoditas pangan strategis secara harian di 164 pasar tradisional di 82 kota di Indonesia. Survei pemantauan harga PIHPS Nasional telah mencakup empat jenis pasar, yakni pasar tradisional, pasar modern, pedagang besar, dan produsen.

Pengembangan PIHPS Nasional ditujukan untuk memberikan akses informasi harga pangan terkini bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perumusan kebijakan pengendalian inflasi.

PIHPS Nasional menjadi salah satu indikator yang penting dalam memantau perkembangan harga pangan dalam rangka mendukung analisis Bank Indonesia dan juga bagi publik/masyarakat luas. PIHPS Nasional memuat harga pangan di sejumlah wilayah Indonesia termasuk Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya