SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, KARAWANG–Selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), PT Jasa Marga (Persero) menerapkan diskon tarif tol bagi pengendara yang melakukan perjalanan menerus dari Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Gerbang Tol Kalikangkung.

Diskon tarif tol tersebut diberlakukan pada tanggal-tanggal menjelang puncak arus mudik dan arus balik, yakni pada 21 Desember dan 28 Desember 2023, serta 3 Januari 2024. Tepatnya, diskon mulai diberlakukan pada Kamis (21/12/2023) pukul 00.00 WIB sampai pukul 23.59 WIB.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Rabu (20/12/2023), mengatakan diskon 10 persen diberikan untuk semua golongan kendaraan yang tap in di Cikampek Utama dan tap out di Kalikangkung.

“Diskon tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus dari Jakarta-Semarang, dan diberlakukan pada waktu-waktu tertentu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Lisye menjelaskan alasan pemberlakuan diskon tarif jalan tol itu di antaranya untuk memecah trafik kendaraan pada puncak libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Selain itu, juga untuk menjaga kecepatan rata-rata kendaraan di jalan tol tersebut.

“Pemberlakuan diskon diharapkan bisa membantu pendistribusian lalu lintas, agar kendaraan tidak menumpuk pada hari-hari yang diprediksi sebagai puncak kepadatan arus lalu lintas,” katanya.

Lisye menambahkan pemberlakuan diskon juga sempat dilakukan saat musim mudik-balik Lebaran 2023. Hasilnya dinilai cukup efektif dalam pendistribusian arus lalu lintas.

“Pada musim mudik-balik Lebaran 2023 juga diberlakukan diskon. Itu cukup efektif dalam pendistribusian arus lalu lintas. Jadi, tidak terjadi lonjakan yang di luar dugaan pada saat puncak mudik-balik Lebaran 2023. Kecepatan kendaraan juga terjaga, tidak sampai di bawah 40 kilometer per jam,” katanya.

Sebelumnya, PT Jasa Marga menyebutkan perkiraan puncak arus mudik kendaraan pada periode libur Natal 2023 terjadi pada Jumat tanggal 22 Desember 2023 sementara untuk Tahun Baru 2024 pada Sabtu 30 Desember 2023.

Sementara puncak arus balik, untuk periode libur Natal 2023 jatuh pada tanggal 26 Desember 2023, sementara untuk Tahun Baru 2024 pada 1 Januari 2024. “Jadi hasil koordinasi dan juga evaluasi internal, Jasa Marga memprediksi untuk puncak arus mudik dan puncak arus balik terbagi menjadi dua periode,” ujar Lisye, beberapawaktu lalu.

Adapun untuk periode angkutan Natal dan tahun baru, Lisye menerangkan akan dimulai dari tanggal 18 Desember 2023 hingga 4 Januari 2024. Lisye memaparkan jumlah kendaraan keluar wilayah Jabodetabek selama periode tersebut diperkirakan sebanyak 2,88 juta kendaraan atau naik 14,2 persen dari volume lalu lintas normal.

Sedangkan untuk jumlah kendaraan yang masuk wilayah Jabodetabek pada periode yang sama, sebanyak 2,89 juta kendaraan atau naik 14,1 persen dari volume lalu lintas normal.

Jasa Marga menyatakan kesiapannya dalam menghadapi peningkatan arus lalu lintas kendaraan selama periode angkutan Natal dan tahun baru. “Maka untuk menghadapi hal tersebut kita juga menyiapkan beberapa penanganan operasional selama libur panjang Nataru,” kata Lisye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya