SOLOPOS.COM - Ilustrasi kredit usaha rakyat (KUR). (kur.ekon.go.id)

Solopos.com, JAKARTA–Besaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tahun 2024 ini dipatok sebesar Rp300 triliun. Dari angka tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) mendapatkan alokasi KUR terbesar yakni senilai Rp165 triliun atau tercatat lebih rendah dibandingkan target 2023 sebesar Rp194,4 triliun.

Adapun, secara total, realisasi penyaluran KUR tahun 2023 hingga Desember 2023 berdasarkan data Sistem Infromasi Kredit Program (SIKP) sebesar Rp232,16 triliun atau sebesar 78,17% dari target sebesar Rp297 triliun kepada 4,15 juta debitur.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Sebagaimana diketahui, KUR merupakan program pemerintah dengan memberikan kredit bunga kecil kepada usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). Program tersebut disalurkan melalui lembaga keuangan seperti, BRI, BNI, Mandiri, dan bank lainnya.

KUR yang disalurkan ini hanya bisa dicairkan jika pengaju telah memenuhi syarat pengajuan yang ditetapkan oleh bank. Setiap bank memiliki syarat yang ditetapkan tersendiri.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan perseroan berkomitmen untuk dapat memenuhi target penyaluran KUR Rp165 triliun tahun ini mengingat saat ini BRI sudah memiliki infrastruktur yang memadai serta sumber pertumbuhan baru melalui Ekosistem Ultra Mikro bersama Pegadaian dan PNM.

“Dari sisi infrastruktur, saat ini BRI telah memiliki BRISPOT yang terus dioptimalisasikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pekerjaan tenaga pemasar (mantri). Selain itu kami juga akan mengoptimalkan potensi dari ekosistem model bisnis baru seperti PARI dan Localoka,” katanya, baru-baru ini.

Tahun lalu, BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp163,3 triliun kepada 3,5 juta debitur. Sebagain besar KUR BRI disalurkan untuk sektor produksi dengan proporsi mencapai 57,38%. Supari menambahkan, BRI juga saat ini telah memiliki sumber pertumbuhan baru melalui Holding Ultra Mikro yang diyakini dapat mendorong penyaluran KUR kepada grassroot.

“Dalam 2 tahun, integrasi dari ekosistem ultra mikro tersebut berhasil memberikan akses pembiayaan, literasi keuangan dan pemberdayaan kepada lebih dari 37 juta nasabah peminjam dan 165 juta rekening tabungan mikro,” ujarnya.

Syarat dan Cara Pengajuan KUR BRI 2024

Berikut adalah syarat yang ditetapkan bank BRI terkait KUR serta cara pengajuannya:

Bank BRI menetapkan beberapa syarat berbeda untuk setiap jenis kelompok yang ditetapkan. Syarat untuk KUR Mikro, BRI menetapkan syarat usaha yang dijalankan perorangan adalah usaha yang produktif dan layak, usaha minimal telah aktif selama 6 bulan, tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif berupa, KPR, KKB, dan Kartu Kredit, dan wajib memiliki KTP, KK, dan surat Izin usaha.

Syarat untuk KUR Mikro memiliki kesamaan syarat dengan syarat KUR Kecil. Namun, untuk KUR Kecil ada satu syarat tambahan yaitu memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin lainnya yang dapat dipersamakan.

Sementara itu, untuk syarat KUR TKI, pengaju harus memiliki KTP, KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa, dan persyaratan lain sesuai ketentuan.

Setelah memahami persyaratan yang ditetapkan BRI, berikut adalah cara pengajuan KUR BRI yang berlaku saat ini:

-Pastikan bidang usaha yang akan Anda ajukan untuk mendapat KUR adalah usaha yang produktif dan berprospek.

-Siapkan kelengkapan dokumen pengajuan. Dokumen tersebut antara lain kartu identitas (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili), legalitas usaha (akta pendirian usaha), izin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan, proposal usaha, dan persyaratan lainnya.

-Setelah dokumen lengkap, datangi kantor bank penyalur yang masuk dalam daftar pemerintah. Ikuti prosedur yang diterapkan di bank tersebut. Biasanya, bank akan melakukan survey atau wawancara untuk menganalisis kelayakan peminjam.

-Tunggu hasil pengumuman dari bank penyalur apakah pengajuan Anda akan cair atau tidak.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul BRI (BBRI) Optimistis Salurkan KUR 2024 Rp165 Triliun, Ini Strateginya dan KUR BRI, BNI, dan Mandiri 2024, Ini Syarat dan Cara Pengajuannya Saat Ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya