SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengisi BBM. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA–Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) berkomitmen mengamankan pasokan energi selama periode Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah. BPH Migas pun terus bersiap menghadapi masa Lebaran.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati melalui keterangan tertulis, Jumat (22/3/2024), mengatakan jaminan ketersediaan pasokan energi yang memadai akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya saat merayakan Lebaran 2024 di kampung halaman.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

“Menilik dari tahun sebelumnya, BPH Migas selalu ditunjuk menjadi Koordinator Posko Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri yang mencakup sektor BBM, ketenagalistrikan, hingga kebencanaan geologi,” jelasnya saat menghadiri Rapat Kerja Kunjungan Spesifik Komisi VII DPR RI di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/3/2024), seperti dilansir Antara.

Erika menambahkan terkait BBM, cakupan hari BBM atau coverage days juga harus dijaga dengan baik oleh badan usaha penugasan.

“Kita harapkan selama Ramadan dan Idulfitri tidak ada kekurangan BBM dan masyarakat tetap dapat terlayani. Kepada Pertamina, untuk memitigasikan daerah rawan longsor dan banjir mengingat masih musim hujan,” tegasnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Dony Maryadi Oekon mengapresiasi kerja keras dan komitmen pemerintah guna mengamankan pasokan energi mendapatkan apresiasi dari. Dia menambahkan energi menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang sangat penting agar tetap dijaga dan dipenuhi.

“Rapat ini sebagai bentuk menjaring aspirasi dalam pelaksanaan fungsi pengawasan di bidang energi dan kita akan membahas perkembangan kesiapan pemerintah untuk keandalan pasokan BBM, gas, dan listrik menjelang Idul Fitri 1445 H,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dony juga mengimbau badan usaha mengutamakan kenyamanan masyarakat ketika mengakses energi selama mudik berlangsung. Dia menjelaskansemua pihak harus punya strategi dan antisipasi yang baik untuk masyarakat di rumah maupun kelompok industri, jangan sampai ada kendala.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Alfian Nasution menyatakan telah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dalam persiapan Satgas Ramadan dan Idulfitri Pertamina 2024.

“Kami membuat strategi untuk antisipasi kegiatan masyarakat saat arus mudik Lebaran terhitung dari 25 Maret 2024 hingga 21 April 2024,” ucapnya. Layanan siaga 24 jam dan penambahan fasilitas khusus, lanjutnya, menjadi cara Pertamina untuk terus melayani masyarakat dengan baik.

Alfian pun mengharapkan tidak ada kelangkaan BBM dan LPG serta masyarakat dapat terlayani lebih baik dari masa mudik tahun lalu.

Turut hadir dalam acara itu Anggota Komisi VII DPR Andi Yuliani Paris, Asman Abnur, Hendrik Sitompul, Zulfikar Hamonangan, Sartono Hutomo, Mukhtaruddin, Ridwan Hisjam, Willy Midel Yoseph, Ribka Tjiptaning, Ratna Juwita, Bambang Hermanto, dan Nurhasan Zaidi, lalu Direktur BBM BPH Migas Sentot Harijady BTP dan Direktur Retail dan Niaga PT PLN (Persero) Edi Srimulyanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya