SOLOPOS.COM - Lomba menulis dengan tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan yang diadakan oleh PT Tirta Investama (AQUA). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO – AQUA Online Journalist Writing Competition yang merupakan ajang kompetisi bagi jurnalis media online di wilayah Jateng, Jogja, dan Jatim, dalam memberikan inspirasi kepada pembaca tentang isu pelestarian lingkungan, sumber daya air, dan kesejahteraan masyarakat, berhasil mengumpulkan kurang lebih 123 karya/artikel.

Kompetisi yang diinisiasi PT Tirta Investama (AQUA) tersebut mengangkat tema yang cukup seksi untuk dibahas di era saat ini yakni “Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan”.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Melalui ajang ini perusahaan ingin meningkatkan informasi tentang inisiatif lingkungan, tentang komitmen industri dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, serta upaya bersama menjaga pelestarian alam khususnya sumber daya air. Kompetisi ini semakin menegaskan bahwa upaya-upaya tersebut adalah tanggung jawab bersama.

Konservasi Lingkungan

Seperti diketahui, industri adalah salah satu stakeholder yang memiliki tanggung jawab besar dalam pelestarian lingkungan terlebih industri yang memanfaatkan sumber daya alam sebagai bahan baku utamanya.

Pada AQUA Online Journalist Writing Competition, para jurnalis banyak mengupas beberapa hal menarik tentang bagaimana industri bertanggung jawab dalam upaya mengendalikan perubahan iklim, bagaimana industri berkolaborasi dengan masyarakat dalam upaya konservasi sumber daya air, serta bagaimana industri menggerakkan masyarakat dan membangun sinergi dalam upaya pelestarian sumber daya air dan konservasi lingkungan.

AQUA Online Journalist Writing Competition akan memberikan apresiasi kepada para jurnalis yang telah mengirimkan karya-karya tulisan mereka, kepada tiga tulisan terbaik di dua kategori tulisan yakni hardnews dan features.

Apresiasi dari lomba penulisan karya jurnalistik ini, AQUA akan memberikan hadiah dengan perincian sebagai berikut. Untuk kategori hardnews, pemenang pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp5 juta, pemenang kedua Rp3 juta dan pemenang ketiga senilai Rp2 juta. Sedangkan untuk kategori features, pemenang pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp6 juta, pemenang kedua Rp4 juta, dan pemenang ketiga senilai Rp3 juta.

Nominasi 3 Besar

PT Tirta Investama akan menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dan akademisi pakar lingkungan untuk bergabung dalam tim juri. Proses penjurian akan dilakukan bertahap. Selain kuantitatif untuk mengkurasi 123 artikel, tim juri akan menggelar panel dan diskusi dengan para nominasi untuk menentukan 3 besar di masing-masing kategori. Rencananya, pengumuman lomba menulis ini akan disampaikan awal Januari.

Melalui kompetisi ini, diharapkan karya tulisan yang dibuat para jurnalis di tiga wilayah ini mampu memberikan inspirasi kepada pembaca tentang komitmen-komitmen yang sudah dilakukan pihak industri bersama masyarakat dalam upaya melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya