SOLOPOS.COM - Lomba menulis dengan tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan yang diadakan oleh PT Tirta Investama (AQUA). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO – PT Tirta Investama (AQUA) kembali menggelar lomba menulis bagi para jurnalis di Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Mengangkat tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan, AQUA mengajak insan pers melalui karya-karya jurnalistiknya untuk memberikan inspirasi kepada pembaca tentang komitmen-komitmen yang sudah dilakukan pihak industri bersama masyarakat dalam upaya melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

External Corporate Communication Manager Danone Indonesia, Rony Rusdiansyah, mengatakan melalui AQUA Online Journalist Writing Competition, perusahaan ingin meningkatkan informasi tentang inisiatif lingkungan dan kaitannya dengan kesehatan.

Bahwa hal tersebut adalah tanggung jawab bersama, dan diharapkan bisa tercipta awareness yang tinggi terhadap lingkungan dan kesehatan.
AQUA Journalist Online Writing Competition terbuka bagi seluruh jurnalis media online yang bekerja di area peliputanJawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur.

Melalui tema Industri dan Komitmen Menjaga Pelestarian Air dan Lingkungan ini, jurnalis bebas memilih angle berita dengan tiga pilihan subtema, yaitu Pengelolaan dan Pelestarian Sumber Daya Air, Pelibatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Komitmen Membentuk Masyarakat yang Lebih Sehat dan Sejahtera.

Jurnalis juga bebas mengelola konten dengan gaya penulisan yang disukai atau cocok dengan tema dan isu yang diangkat karena dalam journalist writing competition ini, AQUA membuka dua kategori lomba, yakni hardnews dan features.

Apresiasi dari lomba penulisan karya jurnalistik ini, AQUA akan memberikan hadiah dengan perincian sebagai berikut:

Kategori hardnews, pemenang pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp5 juta, pemenang kedua Rp3 juta dan pemenang ketiga senilai Rp2 juta.

Sedangkan untuk kategori feature, pemenang pertama akan mendapatkan hadiah senilai Rp6 juta, pemenang kedua Rp4 juta, dan pemenang ketiga
senilai Rp3 juta.

Yang menarik dari apresiasi ini, semua jawara lomba akan diikutsertakan dalam sebuah agenda seru, Danone Indonesia Festival pada Desember mendatang.

Buat rekan-rekan jurnalis yang berminat untuk mengikuti kompetisi ini, berikut syarat dan ketentuan lombanya :
– Kompetisi hanya untuk wartawan media online.

– Untuk masing-masing kategori, peserta boleh mengirimkan lebih dari satu artikel
yang sudah dipublikasikan di media online masing-masing.

– Artikel yang dikompetisikan adalah artikel yang tayang di media masing-masing
pada periode 1 Januari 2023 – 30 November 2023.

– Artikel disusun dengan kode etik jurnalistik.

– Artikel belum pernah dan/atau tidak sedang diikutsertakan dalam kompetisi sejenis.

– Artikel tidak mengandung unsur pelecehan/penghinaan terhadap SARA.

– Peserta melakukan registrasi dan submit tulisan melalui G-form.

– Dengan melakukan registrasi dan mengirimkan artikel, peserta menyetujui semua syarat dan ketentuan lomba menulis ini, baik yang telah ditentukan sekarang maupun dikemudian hari oleh penyelenggara.

– Keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

Penyelenggara memberikan batas waktu terakhir untuk pengumpulan karya (submit karya pada G-form) maksimal 2 Desember 2023. Karya-karya yang terkumpul kemudian akan dinilai oleh dewan juri berkompeten dalam bidang jurnalistik, lingkungan, dan komunikasi.

“Untuk penjurian akan ada dua tahap, mulai dari penjurian tahap I yang penjaringan lima besar, dan selanjutnya adalah penjurian tahap final yang merupakan diskusi panel para dewan juri untuk menentukan tiga terbaik,” tambah Rony.

Tahap final ini sebagai tahap verifikasi bahwa karya tersebut benar-benar disusun sesuai dengan kode etik jurnalistik. Keterangan lebih lanjut mengenai AQUA Journalist Online Writing Competition dapat menghubungi contact person berikut, Rhitma (081548554656).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya