SOLOPOS.COM - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani. (Bisnis/Arief Hermawan P.)

Solopos.com, JAKARTA–Pascapemungutan suara Pilpres, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta W. Kamdani berharap presiden yang terpilih dapat melakukan penyempurnaan kebijakan ekonomi melalui harmonisasi regulasi untuk memperbaiki iklim usaha di Indonesia.

“Bagaimana pemimpin baru kita bisa memastikan keberlangsungan dan penyempurnaan kebijakan ekonomi lewat harmonisasi regulasi yang akan memperbaiki iklim usaha dan investasi Indonesia lima tahun ke depan,” ujar Shinta ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Minggu (417/3/2024).

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Dia menambahkan bagi pelaku usaha, yang menjadi persoalan bukanlah tentang apakah jagoan dalam pemilu menang atau kalah, melainkan apakah pemimpin yang terpilih dapat mewujudkan visi dan misi mereka melalui implementasi program kerja.

“Khususnya terkait konsistensi implementasi kebijakan ekonomi existing di lapangan, menjaga transisi kepemimpinan yang mulus, yang minim politisasi kebijakan ekonomi,” kata dia.

Lebih lanjut, Shinta juga berharap agar realisasi target pertumbuhan ekonomi Indonesia Maju 2045 dapat tercapai. Menurut dia, menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6–7 persen per tahun untuk bisa keluar dari middle income trap sebelum 2025 merupakan pekerjaan yang cukup menantang.

Saat disinggung mengenai rekonsiliasi nasional, Shinta berharap agar para politisi menunjukkan kedewasaan berpolitik dengan merangkul setiap elemen bangsa untuk bersatu meniadakan perbedaan.

“Untuk mencapai tujuan yang jauh lebih besar dari kontestasi dan kompetisi itu sendiri, dengan membangun keharmonisan dan stabilitas politik, yang ujungnya akan berdampak pada stabilitas ekonomi juga,” ujar Shinta.

Sebelumnya, Shinta mengungkapkan transisi kepemimpinan setiap lima tahun sudah biasa dilakukan, tapi jangan mengganggu iklim kondusif yang ada.

Shinta di sela kegiatan Klinking Fun Pesta Diskon Anti Golput yang dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, pertengahan Februari lalu, mengatakan pihaknya telah menyampaikan kebijakan-kebijakan yang diperlukan kepada semua calon presiden melalui good mart perekonomian yang berisi masukan sektoral dan lintas sektor yang diperlukan oleh pengusaha.

Shinta juga menyebut telah dilakukan dialog dengan para calon presiden dan tim ekonomi mereka sehingga kebijakan-kebijakan tersebut dapat diadopsi ke dalam program ekonomi para pemimpin bangsa periode 2024-2029.

“Sehingga mereka [Presiden terpilih] tidak perlu memulai dari awal. Jadi kami yang tahu seperti apa di lapangan kondisinya, makanya dari pengusaha [Apindo] menyampaikan kepada semuanya calon pemimpin,” ujar Shinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya