SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka pada debat keempat cawapres untuk Pilpres 224 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, SOLO–Istilah hilirisasi memantik perhatian publik yang ingin mengetahui apa maknanya karena kata itu kerap diperbicangkan pada saat debat capres-cawapres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hilirisasi pun terus ada di dalam visi-misi pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Lalu apa sebenarnya makna hilirisasi itu?

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Dilansir bisnis.com, Gibran saat debat cawapres pada Minggu (21/1/2024) malam, menyebut hilirisasi menjadi kunci Indonesia untuk keluar dari middle income trap atau perangkap pendapatan menengah.

“Saya tidak akan pernah bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi kita akan keluar dari middle income trap. Dengan hilirisasi kita akan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri,” urai Gibran dalam sesi penutup debat keempat Pilpres 2024, Minggu.

Sebelumnya, saat hadir dalam debat cawapres pertama pada Jumat (22/12/2023), putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga membahas mengenai hilirisasi digital.

“Hilirisasi digital akan kami genjot. Kita akan siapkan anak-anak muda yang ahli artificial intelligence, anak-anak muda yang ahli block chain, anak-anak muda yang ahli robotik, anak-anak muda yang ahli perbankan syariah, anak-anak muda yang ahli crypto,” kata Gibran kala itu.

Lantas apa sebenarnya hilirisasi itu? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan hilirisasi sebagai penghiliran proses, cara, perbuatan menghilirkan atau proses, cara, perbuatan untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai.

Singkatnya, hilirisasi memiliki arti proses pengolahan bahan baku menjadi barang siap pakai. Adapun istilah hilirisasi yang dimaksudkan oleh pasangan Prabowo-Gibran yakni proses menjadikan bahan mentah menjadi bentuk bahan baku setengah jadi atau jadi.

Hilirisasi diyakini menjadi proses atau strategi negara untuk meningkatkan nilai tambah komoditas yang dimiliki. Situs resmi RRI melaporkan Menteri Investasi dan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan manfaat hilirisasi adalah memberikan nilai tambah bagi perekonomian melalui kinerja ekspor yang positif.

Makna Hilirisasi Digital

Sementara itu, hilirisasi digital merupakan sebuah proses untuk membangun ekonomi digital yang bermuasal dari hulu, untuk dialirkan ke hilir.

“Saat ini ekonomi digital Indonesia sudah cukup baik. Tetapi, membangun ekonomi digital tidak cukup hanya pengembangan aplikasi di bidang transportasi atau retail saja. Dengan tren digital kali ini, hilirisasi digital harus dimanfaatkan untuk banyak sektor lainnya” ujar Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran Budiman Sudjatmiko, Minggu (24/12/2024) di Jakarta.

Dia mengungkapkan hilirisasi digital memiliki dua makna. Apa itu? Menurut Budiman, makna pertama adalah mempersiapkan infrastruktur jaringan atau konektivitas internet serta membangun industri perangkat digital.

“Maka daripada itu, di dalam visi misi dan program tercepat kami, kami sudah memastikan untuk memberikan akses internet dan literasi digital untuk masyarakat Indonesia terutama untuk daerah yang sebelumnya tidak terjangkau” ujar Budiman.

Dia menambahkan hal ini tentunya akan membuat ombak digitalisasi usaha dan penambahan sumber daya manusia di sektor digital yang dapat diarahkan ke pengembangan blockchain, AI, machine learning, big data analytics.

Makna kedua, Budiman menjelaskan hilirisasi digital juga bermaksud untuk melakukan digitalisasi di rantai pasok industri strategis di Indonesia.

“Digitalisasi akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam proses industri di semua lini. Contoh di pertanian bisa menggunakan teknologi untuk pengembangan pupuk dan bibit unggul, IOT Smartfarming, atau e-commerce khusus pangan,” jelasnya.

Tren ini memang sudah ditunjukan di berbagai lini sektor pangan, transportasi, retail, logistik, pertambangan yang membawa triliunan keuntungan untuk Indonesia dan memiliki potensi ekonomi hingga Rp 11.000 triliun.

Budiman menjelaskan konsep pendekatan ekosistem ini ini dikenal sebagai DNA, yaitu Device, Network and Application. Budiman juga menambahkan bahwa hilirisasi digital akan membuat Indonesia memiliki komoditas data dengan nilai ekonomi yang sangat besar.

Di menegaskan  hal itu perlu disikapi dengan penguatan keamanan digital di Indonesia. “Karena data diolah secara digital dengan AI, machine learning, big data, blockchain sehingga cyber security dan cyber defense yang diungapkan Gibran menjadi sangat penting untuk melindungi komoditas ekonomi kita,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Arti Hilirisasi, Program Prabowo-Gibran yang Terus Digaungkan saat Debat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya