SOLOPOS.COM - Warga Solo yang menikmati layanan streaming berbayar di salah satu aplikasi. Senin (10/7/2023).(Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, SOLO — Sejumlah anak muda Solo mengeluarkan uang hingga Rp500.000 untuk langganan sejumlah aplikasi berbayar yang ada di handphone ataupun Smart TV.

Mereka menyebut paling banyak digunakan membayar untuk aplikasi streaming film dan musik.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Ada juga pelajar di Solo yang membayar untuk membeli permainan di handphone untuk bisa mendapatkan level tertentu. Menurut mereka, uang yang dikeluarkan sebanding dengan kemudahan saat bermain game di handphone.

Salah satu mahasiswa, Farhan Bagaskara, 19, asal Banjarsari, menggelontorkan dana sebesar Rp440.000 untuk berlangganan di sejumlah aplikasi streaming.

Ia menyebut, angka berlangganan tersebut termasuk dua aplikasi streaming musik dan satu aplikasi streaming film.

“Saya langganan Spotify, YouTube Music, Netflix dan Vidio, kalau di total sekitar Rp250.000 ditambah langganan NBA League Pass yang per bulan Rp190.000, jadi kalau ditotal sekitar Rp440.000 untuk total per bulan. Tapi karena NBA lagi off season jadi agak kepotong pengeluarannya,” ucapnya saat ditemui Solopos.com, Senin (10/7/2023).

Ia mengatakan alasannya berlangganan sejumlah aplikasi streaming karena kemudahan akses yang berbeda-beda.

Farhan mencontohkan, untuk menonton video menggunakan YouTube, untuk mendengarkan musik menggunakan spotify dan streaming kegiatan olahraga menggunakan vidio.

“Fungsinya beda-beda, kalau musik Spotify, kalau video YouTube tanpa iklan ya pakai youtube berbayar, kalau film di Netflix. Jadi konten di dalamnya beda-beda, sebenarnya dulu ketambahan ada Apple TV, tapi karena acarnya enggak begitu menarik jadi saya berhenti langganan,” ujarnya.

Cerita berlangganan di sejumlah aplikasi juga diungkapkan oleh Enzy Pahlevi, 16, asal Laweyan, yang total berlangganan di enam aplikasi streaming berbeda. Ia mengatakan, sangat menikmati layanan streaming untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan.

“Di laptop ada beberapa langganan, Apple TV sama Netflix, YouTube Music juga ada, kalau di handphone ada Spotify, Apple Music sama Amazon Prime. Kalau ditotal per bulan habisnya sekitar Rp580.000 per bulannya,” ucapnya.

Ia mengatakan, dengan pengeluaran untuk membayar sejumlah layanan streaming, membuatnya bisa mengisi waktu luang setelah sekolah.

Enzy melanjutkan, kebiasaannya untuk menikmati sejumlah layanan streaming muncul saat pandemi dan berlanjut sampai hari ini.

“Dulu ketika pandemi enggak bisa kemana-mana, jadinya menghabiskan waktu di rumah saja, supaya enggak bosan saya langganan streaming, tapi ternyata memang lebih nyaman karena enggak harus keluar rumah untuk mencari hiburan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya