SOLOPOS.COM - Manajemen dan karyawan Fajar Group memperingati HUT ke-40 dengan acara seremonial di Kantor Pusat Fajar Group di Jl. Adi Sucipto No. 51 Solo, Selasa (5/3/2024). (Istimewa/Fajar Group)

Solopos.com, SOLO–Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-40, Fajar Group berkomitmen terus berbenah diri dan melakukan terobosan-terobosan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat serta menambah lokasi-lokasi hunian berkualitas dan nyaman untuk menjadi pilihan pertama bagi konsumen.

Fajar Group adalah grup perusahaan pengembang properti kondang yang membangun kawasan terpadu, dengan deretan permukiman yang tertata rapi, indah, aman, dan nyaman serta berkelanjutan atau ramah lingkungan dengan performa kualitas bangunan yang sangat baik.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Didirikan H.A. Soetantyo (almarhum) pada 5 Maret 1984, Fajar Group mempunyai visi dan misi menjadi pengembang terdepan dalam mewujudkan hunian berkualitas dan bernilai investasi tinggi untuk mencapai kesejahteraan bersama serta memberikan pelayanan prima kepada konsumen.

PT Fajar Bangun Raharja (FBR) sebagai salah satu perusahaan keluarga dari Fajar Group memulai pengembangannya di wilayah Kota Solo bagian barat sebagai daerah permukiman, sekolah, dan perkantoran, di mana kawasan tersebut menjadi pintu gerbang ke daerah Solo dari arah Bandara International Adi Soemarmo.

Kawasan tersebut menjadi konsep awal PT FBR dalam mengembangkan hunian perumahan. Terjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah kota yang pada saat itu juga memulai memperbaiki jalan utama kearah Bandara Adi Soemarmo dan ke arah selatan yang menghubungkan dengan jalan utama kota Solo.

Kepemimpinan PT FBR saat ini ada di tangan generasi kedua, yakni Michiko Soetantyo selaku Direktur Utama, serta putranya William selaku Direktur Operation.

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan memiliki nilai-nilai yang harus dipahami, diinternalisasikan dan diaplikasikan seluruh karyawan dalam menjalankan fungsi, tugas, dan tanggung jawabnya. Yakni Integritas (Integrity), Kerja Sama (Team Work), Saling Percaya dan Menghargai (Trust & Respect), dan Kinerja Terbaik (Performance Excellence).

Direktur Utama PT Fajar Bangun Raharja, Michiko Soetantyo, mengatakan industri properti menghadapi tantangan berat pascapandemi Covid-19 hingga saat ini, di mana kondisi ekonomi belum sepenuhnya pulih.

“Dengan adanya kondisi Indonesia yang tahun ini menghadapi momentum Pemilu serentak dan Pemilihan Presiden, industri properti diharapkan bisa survive. Untuk menghadapi kondisi ini PT Fajar Bangun Raharja terus berbenah diri,” jelasnya melalui keterangan resmi yang dikutip Selasa (5/3/2024).

Lokasi Perumahan di Soloraya

Menurut Michiko, saat ini PT FBR mempunyai 16 lokasi perumahan yakni:

1.Fajar Indah Permata 1
2. Fajar Indah Permata 2
3. The Belmore Residence
4. Green Garden Residence
5. Fajar Regency
6. Griya Pesona Asri Ngasem
7. Fajar Pesona Asri, Jombor
8. Griya Mustika Indah
9. Ringin Asri 2 Bejen, Karanganyar
10. Griya Kencana Asri, Pucangan
11. Panama Regency
12. Fajar Mutiara
13. Puro Asri 1 Sragen
14. Puro Asri 2 Sragen
15. Villa Gading Residence Sragen
16. Kanaya Park View Delanggu

Selain itu, ada tiga lokasi baru perumahan yang akan segera dibangun:

17. The BelRose
18. Perumahan Clayton
19. Perumahan Banyuanyar

Di samping perumahan, PT FBR juga mempunyai kawasan ruko sebanyak 20 unit yang tersebar di beberapa lokasi di antaranya di Fajar Indah 1, Fajar Indah 2 di Soloraya, dan Puro Asri 2 Sragen

hut fajar group
Peringatan HUT ke-40 Fajar Group di Kantor Pusat Fajar Group di Jl. Adi Sucipto No. 51 Solo, Selasa (5/3/2024). (Istimewa/Fajar Group)

Michiko menguraikan merupakan kebanggaan luar biasa bagi PT FBR telah berkiprah selama 40 tahun terakhir di Soloraya, Jawa Tengah.

“Pencapaian ini tidak membuat kita lengah. Dengan maraknya pengembang-pengembang baru, kami terus berbenah diri untuk melakukan perbaikan-perbaikan ke depan, memberikan kawasan yang nyaman dan aman untuk memenuhi harapan para pelanggan kami dan menjadi pilihan bagi konsumen,” ungkapnya.

4 Kunci Sukses Fajar Group

Saat ini, bidang pengelolaan SDM Fajar Group digawangi oleh Endang Tri K. Sukarso selaku Human Capital Director dan Head Sales & Marketing yang berhasil mengubah sistem di PT FBR.

Endang menyadari membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan kerja keras dan kesinambungan agar para karyawan tidak resisten terhadap perubahan dan terus berupaya melakukan perbaikan.

Dikatakan dia, peningkatan knowledge, skill, dan attitute (KSA) melalui program pendidikan dan pelatihan yang telah direncanakan adalah pijakan dasar untuk meningkatkan kualitas SDM sekaligus mengubah paradigma karyawan.

“Meskipun sudah dianggap sukses, menurut saya, sebuah perusahaan harus tetap membuat terobosan-terobosan demi mencapai kinerja yang lebih baik lagi. Selain itu peraturan perusahaan akan berjalan dengan baik jika perusahaan juga mampu mengutamakan integritas karyawan,” beber Endang.

Endang mengungkapkan berdasarkan pengalamannya, ada empat kunci sukses dalam sistem pengelolaan perusahaan yang dijalankan secara profesional. Pertama terkait Organisasi, yakni struktur organisasi yang fleksibel alias dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Kedua, tentang Operasional, di mana proses operasional yang lebih cepat dan tepat (akurat) dengan didukung infastruktur yang memadai. Ketiga terkait Sistem, yaitu sistem di semua lini proses dapat berjalan optimal. Contohnya di bagian human resources ada penilaian kinerja dengan sistem meritocracy (penilaian kinerja berdasarkan performance/performa karyawan).

Keempat, kaitannya dengan SDM atau people sebagai roda untuk menggerakkan perusahaan. “Keempat faktor tersebut adalah kunci sukses yang apabila dijalankan secara konsisten dan dengan komitmen yang tinggi oleh setiap atasan dan bawahan, dapat membawa perusahaan ke arah yang diinginkan,” tekannya.

Agenda Peringatan HUT

Sementara itu, untuk memperingati HUT ke-40 Fajar Group yang jatuh pada 5 Maret 2024, diadakan serangkaian acara meliputi acara seremonial di Kantor Pusat Fajar Group di Jl. Adi Sucipto No. 51 Solo yang diisi dengan berdoa bersama dan potong tumpeng



Selain itu, digelar pameran di Solo Paragon pada 2-11 Maret 2024 untuk promosi penjualan. Agenda lainnya meliputi ziarah ke makam pendiri Fajar Group, Alm. H. Soetantyo, di Ungaran pada 7 Maret 2024.

Tak lupa pula akan digelar kegiatan Jumat Berkah pada 8 Maret 2024 di masjid-masjid terdekat serta wisata karyawan ke Bali di bulan Mei 20024.

“Pada kesempatan ini, kami atas nama manajemen PT Fajar Bangun Raharja, mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan yang berkontribusi selama 40 tahun perusahaan berkiprah dan khususnya untuk konsumen yang telah membeli produk-produk perumahan kami,” urai Endang.

“Kami ucapkan terima kasih atas loyalitasnya dan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberikan kelancaran, kesuksesan untuk PT FBR agar terus berkembang menjadi pengembang terdepan dan terbesar di Soloraya,” pungkas Endang Tri K. Sukarso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya