SOLOPOS.COM - Saat melamar kerja kamu bisa menuliskan berbagai pengalaman atau personalisasi terbaik di bagian CV Online. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Dalam melamar kerja, beberapa orang ada yang merasa takut dan dianggap menegangkan. Itu terjadi karena kamu tidak mengetahui prosedur kerja yang tepat di setiap perusahaan.

Dalam prosedur itu, inti utamanya ada pada proses wawancara kepada calon pelamar. Di tahap ini, banyak pelamar yang mengalami kegagalan karena belum sepenuhnya paham bagaimana tips yang tepat. Lalu bagaimana prosedur saat melamar kerja dan tips sukses saat interview? Simak ulasannya.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Prosedur Melamar Kerja di Setiap Perusahaan

Untuk prosedur kerja di masing-masing perusahaan memang ada perbedaan. Namun secara umum, prosedur yang harus dilalui oleh setiap pelajar adalah sebagai berikut:

Mempersiapkan Portofolio dan CV

Kamu bisa mempersiapkan CV dan portofolio terbaik ketika melamar pekerjaan baik offline atau online. Sehingga, kamu bisa menuliskan berbagai pengalaman atau personalisasi terbaik di bagian CV Online.

Bagi kamu yang sudah memiliki karya bisa disertakan sebagai bagian dari portofolio. Pastikan portofolio yang dikirimkan sesuai dengan pekerjaan yang akan kamu lamar. Dengan cara ini maka kesempatan untuk diterima kerja akan semakin besar peluangnya.

Review oleh HRD

Ketika dikirimkan, semua dokumen itu akan di review langsung oleh HRD. Proses ini tergantung dari kebutuhan di setiap perusahaan dan umumnya membutuhkan waktu 2 minggu.

Lamaran yang masuk ini nantinya akan diseleksi baik secara manual atau menggunakan software tertentu. Di proses ini, HRD akan melihat akan kamu layak menjadi kandidat dan bisa mengerjakan setiap pekerjaan di perusahaan nantinya.

Screening Call

Screening call merupakan tahap pemanggilan pelamar terbaik yang punya peluang besar untuk masuk ke tahap berikutnya. Di tahap ini, pelamar akan dihubungi secara langsung oleh perusahaan baik via telepon, email atau media online lainnya.

Bila posisi kamu sudah di tahap ini maka tinggal mempersiapkan diri lebih baik lagi. Sebab, dalam waktu dekat, kamu akan mendapatkan panggilan dari perusahaan untuk melakukan wawancara.

Wawancara

Inti dari proses lamaran kerja ada pada wawancara, sehingga kamu perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pastikan mental dan psikologi kamu dalam kondisi yang terbaik.

Untuk yang mewawancarai sebenarnya tergantung kebijakan dari setiap perusahaan. Umumnya, HRD, CEO atau bagian lain yang punya kewenangan di dalam perusahaan. Untuk bisa lolos pada tahap ini, kamu harus memahami secara detail terkait tips sukses saat proses wawancara.

Tips Sukses Wawancara

Untuk bisa diterima di perusahaan, pelamar harus bisa sukses saat wawancara dan berikut tips suksesnya:

Datang Tepat Waktu

Sebagai pelamar yang baik sebaiknya kamu datang di waktu yang tepat ketika wawancara. Jika jam yang ditentukan pukul 07.00 WIB maka kamu bisa datang 15 menit sebelum waktu tersebut. Jika bentuknya wawancara online juga sama dimana kamu harus standby di media atau aplikasi yang ditentukan.

Dengan cara itu maka kamu akan dinilai punya antusias dan disiplin yang tinggi pada perusahaan. Hindari datang terlambat karena itu bisa memberikan kesan kurang baik dari perekrut.

Pelajari Pertanyaan Umum saat Wawancara

Sebelum ditanya ke hal-hal yang lebih teknis, pelamar akan ditanya terkait sesuatu pertanyaan yang sifatnya umum. Misalnya, alasan melamar di perusahaan, pengalaman kerja, rencana kedepan dan yang lainnya.

Sebelum proses interview, semua pertanyaan tersebut harus kamu persiapkan dulu jawabannya. Pastikan saat ditanyakan tidak gugup dan lebih tenang agar kesannya memiliki reputasi yang bagus.

Riset Perusahaan

Riset sebelum proses wawancara sangat dibutuhkan agar kamu punya gambaran umum terkait perusahaan. Untuk riset paling mudah bisa dengan mengakses situs resmi perusahaan, siaran pers, sosial media tau bertanya ke teman dan yang lainnya.

Misalnya cari tahu bagaimana visi misi perusahan, modal bisnis dan bagaimana kabar terbaru di perusahaan. Setelah memahami itu, kamu bisa kaitkan dengan skill atau keahlian yang kamu miliki.

Jadi prosedur dalam melamar kerja harus dengan mempersiapkan berbagai dokumen seperti CV dan portofolio. Setelah itu, lamaran itu akan di review dan di tahap akhir akan dilakukan tahap wawancara.

Di proses ini, kamu harus mampu datang lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, pahami juga pertanyaan umum dan gambaran terkait perusahaan yang dilamar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya