SOLOPOS.COM - Olahraga dapat mengurangi depresi berlebihan. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Apa definisi sehat menurutmu, Cheers Friends? Sehat tentunya tidak hanya dalam kondisi fisik yang baik, tapi mental yang baik pula.

Nah, rutin berolahraga bukan hanya bermanfaat bagi fisik atau tubuhmu, tapi juga jiwa lho.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Psychiatry menunjukkan berolahraga memiliki efek perlindungan tubuh terhadap depresi.

Dengan menggunakan data genetik 300.000 orang dewasa, peneliti pada Rumah Sakit Umum Massachusetts, AS, memastikan mereka yang beraktivitas fisik lebih tinggi memiliki kemungkinan lebih rendah mengalami gangguan depresi.

’’Kami menemukan bukti tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi bisa mengurangi risiko depresi,” jelas Dr Karmel Choi yang memimpin penelitian ini, demikian dikutip dari laman ABC News Indonesia.

Sementara itu, pada mereka yang tidak pernah berolahraga, risiko mengalami depresi naik menjadi 44 persen. Studi tersebut memantau tingkat latihan dan gejala depresi serta kecemasan pada subjek selama 11 tahun.

Pemimpin penelitian, Samuel Harvey, dari Australia Black Dog Institute, mengatakan manfaat terbesar dari berolahrga terealisasi dalam satu jam pertama.

“Temuan ini menarik karena menunjukkan olahraga yang relatif singkat, mulai satu jam per minggu, namun dapat memberikan perlindungan terhadap depresi,” paparnya.

Jenis olahraga yang bisa kita lakukan sangat beragam, mulai dari jalan santai, jogging, atau melakukan latihan dengan interval tinggi di rumah yang umumnya tidak butuh waktu lama.

Temuan yang dipublikasikan di American Journal of Psychiatry ini, menyoroti potensi siginfikan dari olahraga untuk dimasukan dalam rencana kesehatan mental indivudu dan kampanye kesehatan masyarakat.

“Jika kita menemukan cara meningkatkan aktivitas fisik populasi masyarakat, meskipun dalam jumlah kecil, akan membawa manfaat kesehatan fisik dan mental yang besar,” tutup Harvey.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, mulai hidup sehat dengan olahraga! Meski hanya olahraga ringan tak masalah, asal teratur.

Untuk kamu dengan gaya hidup yang sehat dan aktif, Cheers Alkaline Powered selalu hadir menjadi partner setia.

Cheers Alkaline Powered diproduksi dengan teknologi Alpha Ion Alkalizer menghasilkan air minum dengan pH basa (up to 8,5), bermanfaat menetralkan pH tubuh dan membantu tubuh terhidrasi maksimal. Cheers Alkaline Powered untuk sehat sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya