SOLOPOS.COM - Berbagai kuliner favorit Solo hadir di Festival Kuliner Favorit Solo yang digelar Gojek di halaman depan Pura Mangkunegaran, Jumat (26/8/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO – Gojek menggelar Festival Kuliner Favorit Solo di Pura Mangkunegaran, Jumat (26/8/2022). Berbagai jenis kuliner khas Solo yang dihadir siap memanjakan lidah.

Mulai dari jenang ayu, gudeg ayu, dawet selasih, pecel dan selat, bakmi Jowo, sate kere dan sebagainya dapat ditemui di halaman depan Pura Mangkunegaran selama tiga hari ke depan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Melalui kegiatan tersebut Gojek ingin membuktikan kepada masyarakat mengenai kemudahan yang didapatkan dari inovasi teknologi yang telah diciptakan. Melalui inovasi tersebut masyarakat yang berkunjung ke kota-kota di Indonesia termasuk Solo, bisa mendapatkan kemudahan dan bisa menikmati sajian kuliner lokal favorit.

Disebutkan, ekosistem Gojek yang terintegrasi, akan memenuhi semua kebutuhan masyarakat secara menyeluruh. Head of Indonesia Region Gojek, Gede Manggala, mengatakan evolusi Gojek menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi kebutuhan masyarakat yang selama ini menjadi hambatan.

“Melalui pengembangan teknologi yang terintegrasi, banyak pihak ikut mengalami evolusi bersama Gojek termasuk layanannya. Dari bangun tidur untuk memulai aktivitas sampai mengakhiri hari masyarakat dapat mengandalkan layanan Gojek. Bisa dibilang, Gojek menjadi operating system bagi masyarakat Solo,” kata dia dalam rilis, Jumat.

Baca Juga: Festival Kuliner Digeber Lagi di Solo, Ada Promo Cashback 40% Lur!

Inovasi teknologi tersebut juga berlaku pada layanan pesan-antar makanan GoFood. Hal ini diwujudkan dalam Festival Kuliner Favorit Solo di Pura Mangkunegaraan yang diadakan selama tiga hari, yakni 26-28 Agustus secara offline dan satu bulan (26 Agustus- 26 September) secara online. Dimana kegiatan tersebut akan berdampak pada peningkatan pemesanan GoFood pada periode tersebut.

Festival Kuliner Favorit Solo juga memberikan kesempatan bagi masyarakat dan wisatawan untuk dapat menikmati ragam autentik makanan khas Solo yang melegenda. Ada lebih dari 60 merchant GoFood yang ikut terlibat meramaikan kegiatan tersebut.

Tidak hanya memberikan program diskon melalui teknologi Machine Learning, Gojek juga menerapkan berbagai personalized user experience untuk meningkatkan kenyamanan dan kecepatan layanan GoFood kepada pelanggan. Misalnya saja, setiap pelanggan bisa mendapatkan pilihan makanan yang berbeda-beda di platform GoFood sesuai dengan kesukaan dan histori pemesanannya. Layanan GoFood tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan sebagai katalog merchant terlengkap guna mengetahui kuliner khas di suatu daerah.

Baca Juga: Tarif Ojol akan Naik Mulai 29 Agustus 2022, Sudah Final?

Membantu UMKM Memperluas Pasar

Festival Kuliner Favorit Solo yang digelar Gojek di halaman depan Pura Mangkunegaran, Jumat (26/8/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Festival Kuliner Favorit Solo yang digelar Gojek di halaman depan Pura Mangkunegaran, Jumat (26/8/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Inovasi Gojek tersebut tidak hanya bisa dirasakan pelanggan, tetapi juga mitra merchant. Gojek membantu merchant dengan memberikan akses kepada pasar yang luas melalui aplikasi Gojek untuk menumbuhkan bisnisnya. Selain itu bersama mitra merchant, GoFood juga terus berinovasi agar merchant bisa menawarkan lebih banyak pilihan serta mempromosikan menu hingga mengatur operasionalnya.

Inovasi terbaru Gojek bersama merchant adalah aplikasi pengelolaan restoran khusus mitra merchant, GoBiz. Dimana para merchant bisa mengakses data untuk membantu menganalisis performa bisnis dari waktu ke waktu hingga mengelola operasional sehari-hari.

District Head Gojek Soloraya, Dyah Siwi, mengatakan pihaknya merasa senang dapat berbagi kebahagiaan karena pada hari itu semua dapat merasakan pengalaman baik bagaimana pemanfaatan teknologi dapat mendukung pariwisata lokal.

Dia juga sedikit menceritakan mengenai latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut termasuk kaitannya dengan pemilihan Pura Mangkunegaran sebagai lokasi kegiatannya.

Baca Juga: Kulineran di Rizquna Seafood Semarang: Harga Kaki Lima, Rasa Bintang Lima

“Inovasi itu sudah mandarah daging di kami, kita tahu perjalanan Gojek dari awal hingga menjadi aplikasi yang digunakan oleh jutaan orang. Hal ini juga kami rasakan ketika kami bekerja sama dengan Pura Mangkunegaran. Bagaimana semangat Pura Mangkunegaran tetap menjaga tradisi dan mengembangkan pariwisata, namun tidak tertinggal dalam perkembangan zaman,” kata dia dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut, Jumat.

Menurutnya Gojek dan Pura Mangkunegaran memiliki peranan penting untuk dapat mewariskan tradisi, salah satunya adalah tradisi kuliner. Terlebih Solo yang juga sudah dikenal dengan kulinernya.

“Untuk itu Gojek mewujudkannya melalui festival yang kami adakan di Pura Mangkunegaran ini. Kami juga mengapresiasi kolaborasi yang terjalin bersama pemerintah daerah,” kata dia.

Baca Juga: Mencicipi Nasi Goreng di Kedai Tombo Kangen, Penawar Rindu akan Kota Semarang

Dia juga berharap dapat terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra merchant untuk tumbuh bersama GoFood. “Seperti yang kami lakukan pada hari ini, UMKM dan juga tempat makan yang ada di Pura Mangkunegaran sudah ada dalam layanan GoFood yang nantinya memberikan kesempatan lebih bagi UMKM meluaskan pangsa pasarnya,” lanjut dia.

Selain menyajikan pilihan menu kuliner favorit Solo, Gojek juga memberikan beberapa kemudahan untuk mengakses lokasi wisata di Solo dengan memberikan promo khusus dari dan ke Pura Mangkunegaran. Di antaranya dengan menggunakan layanan GoCar/GoRide sebesar 40% dengan mencantumkan promo code SURAKARTA2022, pembayaran menggunakan GoPay untuk tiket dan berbelanja cinderamata khas Pura Mangkunegaran serta tarian tradisional, keroncong serta lomba fotografi untuk meramaikan event.

Humas Pura Mangkunegaran, RMH Haryo Hananjoyo Adityo Bawono, mengatakan selama pandemi banyak sektor yang terdampak, termasuk kuliner. Namun berkat dukungan masyarakat dan pemerintah, bersama-sama kita bisa bangkit untuk memberikan rasa optimis ke depannya.

“Banyak tantangan terjawab dengan segenap pemikiran, tentunya menuju digitalisasi. Melalui kolaborasi daan digitalisasi, kami tetap berupaya agar tradisi bisa terus berjalan dengan perkembangan teknologi. UMKM lokal menjadi tulang punggung ekonomi nasional pada situasi menantang, perlu terus didukung agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Seperti halnya hari ini di Festival Kuliner Favorit Solo yang merupakan langkah cepat dan inisiatif nyata Gojek bagi UMKM dan kualitas hidup masyarakat Solo,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya