SOLOPOS.COM - Suasana Festival Kuliner Legendaris bertajuk Satu Nusa Banyak Rasa di Benteng Vasternburg, pada Minggu (9/7/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SOLO — Festival Kuliner Legendaris yang digelar Teh Pucuk Harum bertajuk Satu Nusa Banyak Rasa berhasil menyedot ribuan pengunjung yang memadati Benteng Vasternburg pada Sabtu-Minggu (8-9/7/2023).

Salah satu yang jadi perhatian yakni kuliner langganan Presiden Jokowi.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Ragam kuliner yang ditawarkan dibagi dalan beberapa zona. Misalnya ada zona kuliner legendaris, zona jejak kuliner Jokowi, zona pedas, zona manis, dan zona gurih.

Dalam zona kuliner legendaris terdapat kurang lebih 30 tenant, misalnya Batagor Kingsley Bandung, Keripik Sinjai Cristine Hakim, Pempek Pak Raden, Ikan Mak Beng Sanur, Kepiting Dandito Kalimantan.

Sementara itu untuk jejak kuliner Jokowi menghadirkan sepuluh tenant kuliner asli Solo yang merupakan kuliner langganan Jokowi.

Misalnya lenjongan, Lekker Gajahan, Sate Kere Yu Rebi, Es Dawet Yu Dermi, Tengkleng Bu Edi, Tahu Kupat Sido Mampir, Nasi Liwet Wongso Lemu, Gudeg Mbak Yus, Serabi Notosuman, dan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel.

Serta terdapat 40 tenant nusantara dan kekinian untuk zona pedas, manis, dan gurih. Berdasarkan pantauan, zona jejak kuliner Jokowi terlihat diserbu pembeli, misalnya di Ayam Goreng Mbah Karto Tembel.

Acara Kolaborasi

Acara ini merupakan kolaborasi antara Teh Pucuk Harum dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Chief Executive Officer (CEO) Nuraga, Nety Rusi sebagai penyelenggara Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris menguraikan pada Sabtu (8/7/2023) estimasi pengunjung lebih dari 10.000 orang.

“Untuk jumlah pengunjung, kalau sampai pagi ini belum, tetapi kemarin Sabtu estimasi pengunjung lebih dari 10.000 orang,” ujar Nety saat dihubungi Solopos.com pada Minggu.

Sementara untuk pengunjung pada Minggu belum bisa dikalkulasikan.

Salah satu pengunjung Festival Kuliner Legendaris, Maharani menguraikan ia tertarik mengunjungi acara tersebut karena ada penampilan dari musisi nasional seperti Mrasuk, Takitoru, Aubrey, NDX AKA, Diskoplo, Pecah Ndahe, dan Zara Leola.

Ia mengetahui info tersebut dari media sosial. Menurutnya kuliner-kuliner dalam zona jejak kuliner Jokowi ia bisa membelinya di Solo. Maharani mengaku menyiapkan budget untuk jajan sebesar Rp100.000.

Senior Brand Manager Teh Pucuk Harum, Yustina Amelia, mengatakan sebagai brand lokal Indonesia, Teh Pucuk Harum berkomitmen mendukung perkembangan kuliner serta perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal ini ia ungkapkan dalam keterangan pers di Solo pada Kamis (6/7/2023).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Solo, Wahyu Kristina, menyampaikan setiap acara yang digelar di Solo, termasuk acara Teh Pucuk Harum Festival Kuliner Legendaris, mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Solo.

Selain tentunya menjadi hiburan bagi masyarakat, terutama para pecinta kuliner.

“Pemerintah Kota Surakarta menyadari betul untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Kota Solo perlu adanya dukungan dari setiap sektor tidak terkecuali pihak swasta. Pemerintah Kota Surakarta memberikan apresiasi bagi penyelenggara dan Teh Pucuk Harum yang sudah menyelenggarakan acara Festival Kuliner Legendaris yang memberikan wadah bagi UMKM kuliner untuk menunjukan kreasinya dan bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat kota Solo dan sekitarnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya