SOLOPOS.COM - Solopos Media Group bekerja sama dengan Great Eastern Life Indonesia mengadakan webinar bertajuk Reach for a Great Entrepreneurship Through Digital Financial Management: Wujudkan UMKM yang Hebat melalui Pengelolaan Keuangan Digital pada Rabu (11/10/2023) pukul 13.00 WIB - 14.30 WIB melalui platform Zoom. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Mengelola keuangan dengan bijak merupakan bagian penting dari strategi untuk membangun UMKM yang kuat dan tahan lama, termasuk salah satunya dengan memiliki asuransi. Asuransi dapat membantu melindungi bisnis dari risiko keuangan dan memastikan kelangsungan bisnis di masa depan.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyebutkan peran UMKM sangat besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB mencapai 60,5%. Selain itu penyerapan tenaga kerja mencapai 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Namun, UMKM menghadapi tantangan yang harus diatasi bersama stakeholders, antara lain inovasi dan teknologi, produktivitas, legalitas atau perizinan, pembiayaan, branding dan pemasaran, sumber daya manusia, standardisasi dan setifikasi, pemerataan pembinaan, pelatihan dan fasilitasi, serta basis data tunggal.

Sektor ekonomi memiliki tiga pilar, yakni pendanaan, pembinaan dan proteksi. Dalam hal ini proteksi merupakan pilar yang juga penting untuk manajemen risiko, baik itu aset, diri, transaksi dan operasional bisnis yang harus dilindungi.

Seharusnya, pelaku UMKM lebih memiliki kesadaran terhadap proteksi dengan menggunakan asuransi karena meminimalkan risiko untuk melindungi usaha, ketahanan ekonomi dan meningkatkan daya saing. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan pada 2022, OJK menyebut masih banyak masyarakat yang belum melek proteksi.

Oleh karena itu, untuk membantu pelaku UMKM menghadapi tantangan dan mengantisipasi risiko tersebut, sekaligus dalam rangka Bulan Inklusi Keuangan (BIK), Solopos Media Group bekerja sama dengan Great Eastern Life Indonesia mengadakan webinar bertajuk Reach for a Great Entrepreneurship Through Digital Financial Management: Wujudkan UMKM yang Hebat melalui Pengelolaan Keuangan Digital pada Rabu (11/10/2023) pukul 13.00 WIB – 14.30 WIB melalui platform Zoom.

Webinar tersebut akan menghadirkan narasumber ahli di bidangnya yaitu Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina, S.S., M.M., Praktisi UMKM – Founder Creative Space Joko Porwono, dan Financial Planner, Rista Zwestika, S.Sos. CFP. Selama 90 menit, para narasumber akan berdiskusi dan membagikan tips atau strategi bagaimana mewujudkan UMKM yang hebat melalui pengelolaan asuransi yang tepat.

Pengelolaan asuransi yang efektif membantu melindungi bisnis dari risiko finansial yang dapat terjadi dan memberikan keamanan finansial yang diperlukan untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Kami mengajak anak muda, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), masyarakat untuk bergabung pada webinar literasi tersebut, gratis. Caranya, Anda mendaftar melalui link: https://bit.ly/Webinarinklusikeuangan_2023.

Ada banyak hadiah untuk peserta yang beruntung, yakni e-wallet ratusan ribu rupiah, 6 logam mulia 0,05 gram, 5 origami bottle, 5 foldable lunch. Tempat terbatas, jadi silakan segera mendaftar sebelum ditutup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya