SOLOPOS.COM - Aktivitas Bandara Ngurah Rai Bali di tengah berlangsungnya KTT G20, Senin (15/11/2022). (Solopos.com/Mariyana Ricky P.D)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menyiapkan rencana kerja sama agar Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai sejajar atau bahkan menyaingi Bandara Iinternasional Changi Airport Singapura dan Incheon Korea Selatan. 

Minimal, bisa bersaing menjadi top 5 bandara di Asia.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo Menuturkan, pihaknya sedang menggodok rencana kerja sama untuk Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Menurut Tiko, kerjasama bisa dilakukan seiring dengan rencana pemerintah dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas kedua bandara tersebut.

Tiko mengatakan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai memiliki potensi besar untuk bersaing dengan bandara-bandara internasional lain di kawasan Asia.

Meski demikian, Tiko tidak memaparkan secara terperinci bentuk kerja sama yang digarap pada kedua bandara tersebut.

“Kami ingin mereka bersaing menjadi top 5 bandara di Asia dan tidak kalah dengan yang lain seperti Changi, Incheon dan lainnya,” katanya saat ditemui dalam acara Media Gathering F1 Powerboat di Sarinah Thamrin, Selasa (14/2/2023).

Dia melanjutkan, saat ini Kementerian BUMN tengah menunggu persetujuan pemerintah untuk merealisasikan wacana rencana tersebut. Tiko menargetkan kerja sama Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai dapat diumumkan pada Maret 2023.

Sebagai informasi, Bandara Soekarno Hatta dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II. Sementara itu, Bandara Ngurah Rai dikelola oleh PT Angkasa Pura I atau AP I.

Sementara itu, Kementerian BUMN juga masih mempertimbangkan rencana merger antara AP I dan AP II.

Di sisi lain, soal kerja sama Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai itu, Tiko juga belum dapat memberikan penjelasan lebih rinci.

“Untuk merger masih dalam pertimbangan. Saat ini yang kami dorong kerja sama untuk Bandara Soekarno Hatta dan Ngurah Rai,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kementerian BUMN Siapkan Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai Masuk Top 5 Asia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya