SOLOPOS.COM - Bank Syariah Indonesia (ilustrasi/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA – Porsi pembiayaan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) atau BSI untuk UMKM per Februari 2022 tercatat senilai Rp40 triliun. Penyaluran porsi pembiayaan terhadap UMKM tersebut disebut terus meningkat.

Baca Juga: Talenta Wirausaha BSI Hadir di Solo, Dorong UMKM Naik Kelas

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Direktur Retail Banking BSI, Kokok Alun Akbar, mengatakan per Februari 2022, porsi pembiayaan BSI terhadap UMKM telah mencapai 23,12% atau senilai Rp40 triliun dari total pembiayaan sebesar Rp171,9 triliun. “Porsi pembiayaan UMKM BSI terus meningkat baik secara quantity, jumlah, maupun persentasenya,” kata Alun dalam Webinar Series Ramadan yang diselenggarakan INDEF, Selasa (5/4/2022).

Baca Juga: BSI Berpeluang Besar Optimalkan UMKM, Ini Alasannya

Untuk sisanya, yakni sebesar Rp132 triliun disalurkan kepada kredit konsumer atau non UMKM. Pembiayaan ini hampir 80% disalurkan kepada kredit konsumer, yang tidak hanya kepada pegawai negeri dan pensiunan, tapi juga kepada pelaku UMKM. Kemudian 20% lainnya disalurkan untuk pembiayaan kepada korporat.

Jika melihat pada penyaluran UMKM di BSI dalam beberapa tahun terakhir, pada 2019 secara total, perseroan telah menyalurkan pembiayaan kepada UMKM sebesar Rp25,30 triliun. Jumlah itu naik menjadi Rp34,99 triliun per Desember 2020. Kenaikan pembiayaan kepada UMKM juga terjadi di Desember 2021 menjadi Rp39,44 triliun.

Baca Juga: Ini Visi BRI Terapkan Prinsip ESG dalam Pembiayaan UMKM 

Sedangkaumkm bank n untuk roadmap pembiayaan UMKM, menurut Alun, emiten bersandi saham BRIS ini mengikuti ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menggunakan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) yang naik secara bertahap dari 20% menjadi 30% di 2024.

Baca Juga: OJK: Bank Wakaf Mikro Salurkan Pembiayaan Rp87,2 Miliar Per Maret 2022

“Secara ketentuan, alhamdulillah, BSI di Desember 2021 kalau kita hitung secara RPIM sudah 27%,” kata dia. Selanjutnya BSI membidik rasio RPIM menjadi 28% di Desember 2022, lalu 29% di Desember 2023, dan 30% di Juni 2024.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: BSI (BRIS) Salurkan Pembiayaan UMKM Rp40 Triliun per Februari 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya