SOLOPOS.COM - Ilustrasi kamar hotel. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Pandemi Covid-19 sudah dinyatakan selesai, namun hobi staycation atau piknik dengan hanya tinggal di satu tempat masih dilakoni sejumlah warga Solo.

Beberapa narasumber yang ditemui Solopos.com hobi staycation di hotel untuk refreshing sekaligus menikmati waktu bersama keluarga.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Beberapa warga bahkan rela merogoh kocek hingga Rp4 juta per malam untuk menginap di hotel selama dua hingga tiga malam. Alasan mereka mau membayar mahal karena memilih kenyamanan serta kedekatan dengan pusat perbelanjaan atau atraksi wisata.

Warga Purwosari yang bekerja sebagai karyawan swasta, Maulana Ardhiyasa, 30, Kamis (22/6/2023), salah satu penghobi stayction di dalam Kota Solo.

Ia menyebut ada dua hotel yang menjadi favoritnya yaitu Hotel Alila Solo dan Swiss-Belhotel Solo di Jl A. Yani Gilingan, Banjarsari. Maulana mengatakan dua hotel tersebut menjadi favorit baginya karena fasilitas dan kenyamanan di dalam kamar.

“Biasanya setiap ada libur panjang, misalkan anak saya habis terima rapor atau libur panjang seperti besok Iduladha nanti staycation di hotel. Sekalian refreshing dan menikmati waktu sama keluarga, biasanya di Hotel Alila sama Swiss-Bell karena dua hotel itu yang fasilitasnya lengkap, dari kolam renang sampai gymnastic ada, kamarnya juga nyaman dan luas,” ucapnya, Kamis (22/6/2023).

Maulana menambahkan, biasanya memesan tiket H-7 sebelum menginap atau ketika ada promo di aplikasi pariwisata. Ia menganggarkan sekitar Rp3 juta hingga Rp4 juta per malam untuk staycation kelas Executive Suite.

“Tergantung juga, misalkan dapet promo harga kamarnya Rp2 juta biasanya bisa menginap dua atau tiga malam. Tapi kalau pas harganya enggak dapat promo ya budgetnya Rp4 juta per malamnya, nanti maksimal menginapnya dua malam,” tambahnya.

Warga Solo yang juga sering melakukan staycation Ferdian Krisnaji, 29, asal Jebres yang bekerja sebagai karyawan swasta.

Ia menyebut biasanya staycation satu bulan sekali bersama keluarganya selama dua malam. Ferdian menyebut, hotel favoritnya adalah yang dekat dengan lokasi wisata seperti Royal Heritage Solo atau Alila Solo.

“Saya sama istri saya biasanya sebulan sekali, antara di Royal Heritage, Mahalaya atau Alila tergantung tujuannya mau jalan jalan sekalian atau hanya di hotel saja. Kalau lama menginap biasanya dua sampai tiga malam tergantung saya sama istri liburnya berapa lama,” jelasnya.

Ferdian menyediakan budget sekitar Rp1 juta hingga Rp2 juta per malam untuk menginap. Ia menyebut, angka tersebut bisa bertambah ketika musim liburan.

“Biasanya siap dana Rp2 juta sampai Rp4 juta untuk dua malam, tapi kalau misalkan libur panjang, harga pasti naik, ya sekitar Rp5 juta jatuhnya untuk dua malam. Kalau lebih dari itu biasanya masih mikir-mikir karena lebih besar dari budget, karena kan masih ada biaya buat makan atau jajan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya