SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (dok. Solopos)

Solopos.com, SOLO — Beberapa warga Solo mulai bersiap membeli hewan kurban untuk menyambut hari raya Iduladha. Mereka menyiapkan uang sebesar Rp2 juta hingga Rp26 juta untuk membeli kambing maupun sapi kurban.

Bagi warga Solo, momentum Iduladha pascapandemi kali ini terasa spesial, mereka bertekad untuk mencari hewan kurban terbaik sebagai rasa syukur. Mereka juga menyebut, Iduladha adalah momen untuk berbagi kepada sesama.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Warga Solo yang bersiap membeli hewan kurban adalah Eko, 54, asal Sondakan, Laweyan. Ia telah menyiapkan dana sebesar Rp25 juta untuk membeli sapi yang akan disembelih saat Iduladha.

Eko sudah berkomunikasi dengan sejumlah penjual hewan kurban untuk mencari sapi dengan harga terbaik.

“Sudah saya siapkan sekitar Rp25 juta untuk kurban sapi, belum tahu apakah dapatnya sapi saja atau sama kambing juga dengan harga segitu. Tapi masih mencari-cari sapi di beberapa peternak daerah Karanganyar, supaya dapat yang terbaik dan harganya juga murah,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (13/6/2023).

Eko menjelaskan, sudah menyiapkan uang untuk membeli hewan kurban sejak awal tahun. Ia memperkirakan harga sapi tahun ini akan lebih mahal dibandingkan Iduladha tahun lalu.

“Saya memang sudah berencana dan niat dari awal tahun buat nyumbang saat Iduladha jadi menabung dari awal tahun. Apalagi tahun ini sepertinya hagra hewan kurban itu naik dibandingkan 2022, semoga dananya cukup paling enggak buat beli satu sapi,” tambahnya.

Warga Solo lainnya, Sularno, 52, asal Banjarsari menjelaskan sudah menyiapkan Rp2 hingga Rp4 juta untuk membeli kambing. Ia menyebut menyiapkan uang tersebut sejak tahun lalu.

“Tahun ini bertekad mau menyumbang kambing ke masjid daerah rumah saat Iduladha, meskipun kecil mungkin. Saya sudah menyiapkan uang Rp2 juta sampai Rp4 juta buat beli kambing, sudah mencarinya dari awal Juni supaya dapat murah,” ucapnya.

Sularno menambahkan, sudah melihat harga kambing di sekitar Soloraya. Ia menyebut harga kambing saat Iduladha memang naik dibandingkan hari biasa.

“Sudah coba tanya-tanya di daerah Selo, Boyolali sampai Suruh, Kabupaten Semarang. Akhirnya saya dapat di daerah Boyolali harganya Rp3 juta buat kambing satu ekor, nanti dikirim pas akhir Juni,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya