SOLOPOS.COM - Pelanggan menyaksikan pemasangan Smart Meter AMI. (Istimewa)

Solopos.com, MAGELANG-PT PLN (Persero) kembali hadirkan terobosan baru berupa Smart Meter Advanced Metering Infrastructure atau disingkat AMI. Alat ini diklaim mampu suguhkan data pembacaan meter secara real time berbasis aplikasi, sehingga rumah pelanggan tidak perlu lagi didatangi petugas untuk baca meter.

Warga Dusun Tepuh, Desa Delimas, Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang, Dasmuri, telah merasakan langsung manfaat Smart Meter AMI ini. Kini Ia dapat mengecek pemakaian listriknya secara real time, dapat mengatur penggunaan listrik sehingga bisa lebih hemat untuk tagihan listrik bulan berjalan.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Sistem yang baru ini lebih akurat, saya bisa cek terus kapanpun saya mau, kontrol tagihan jadi lebih mudah. Selain itu karena rumah sering saya tinggal, sekarang saya juga sudah santai karena petugas juga tidak perlu cek tiap bulan seperti yang dulu-dulu. Ok lah inovasinya PLN,” paparnya dikutip dari siaran pers yang diterima Solopos.com pada Jumat (14/7/2023).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi, menyampaikan Smart Meter AMI ini menjadi bukti bahwa PLN terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan pelanggan melalui digitalisasi.

“Dengan Smart Meter ini, pelanggan tidak perlu risau ada petugas baca meter yang datang ke rumah-rumah. Data pemakaian listrik dapat diakses langsung oleh PLN dan pelanggan melalui aplikasi PLN Mobile, tidak perlu menunggu akhir bulan,” ungkapnya.

Soffin menambahkan bahwa Smart meter AMI juga membuat pola layanan PLN lebih fleksibel.  “Pelanggan dengan Smart Meter nantinya bebas memilih layanan pascabayar atau prabayar. Selain itu, PLN dapat mempercepat pemulihan gangguan listrik karena dapat terdeteksi oleh sistem secara real time,” ujar Soffin.

“Di tahap awal kami akan memasang 52.000 Smart Meter AMI di Magelang, dan program akan dilaksanakan bertahap hingga November 2023, penggantian meternya pun gratis tidak dipungut biaya apa pun” tutur Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya