SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti saat menjadi narasumber Talkshow Virtual Hari Ibu: Cerita Ibu Inspirasiku, yang digelar Solopos Media Group bersama Yakult, Kamis (21/12/2023). (Tangkapan layar)

Solopos.com, SOLO — Dukungan keluarga hingga lingkungan kerja bisa mendorong kaum perempuan untuk mengaktualisasikan kemampuannya dalam berkarier di berbagai bidang.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti, menunjukkan jika seorang ibu, pun ternyata mampu memimpin sebuah daerah.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Bermula dari kalangan profesional, Hevearita atau yang juga dikenal dengan panggilan Mbak Ita, mulai terjun di dunia politik. Pada 2016 lalu dia terpilih sebagai Wakil Wali Kota Semarang, yang kemudian saat ini menjadi Wali Kota Semarang.

“Awalnya ini adalah hal asing, sebab saya dulunya sebagai seorang profesional, bukan dari kalangan birokrasi maupun politik,” kata Mbak Ita dalam Talkshow Virtual Hari Ibu: Cerita Ibu Inspirasiku, yang digelar Solopos Media Group bersama Yakult,  disiarkan di Youtube Espos Live, Kamis (21/12/2023).

Namun berkat dorongan keluarga dan pihak-pihak lain yang mendukung, tugas sebagai Wali Kota Semarang pun bisa dilalui dengan baik. Kita tahu, tugas sebagai kepala daerah tidaklah mudah.

Dia menyebutkan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, seperti upaya untuk menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting, inflasi dan lainnya. serta menjaga kedaulatan pangan.

Sedangkan Assistant Manager Yakult Lady Department, Erna P. Matahelumual, menceritakan mengenai upaya Yakult untuk memberdayakan Perempuan atau para ibu-ibu di Indonesia dalam program kemitraan Yakult Lady.

Program tersebut mengajak para perempuan atau ibu-ibu yang mau bekerja untuk mendapatkan tambahan penghasilan membantu perekonomian keluarganya.

“Yakult Lady merupakan mitra kerja dari Yakult. Sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga yang diberi kesempatan untuk berpartner dengan Yakult untuk mengirimkan produk Yakult ke masyarakat atau pelanggan,” kata dia.

Dengan menjadi Yakult Lady, ibu-ibu tersebut bisa membantu suaminya mendapatkan penghasilan.

Sementara mengenai perjalanan kariernya, Erna juga membuktikan bahwa wanita, atau seorang ibu bisa berkarier di sebuah perusahaan bahkan dengan menduduki posisi yang penting. Dia menceritakan, sudah sekitar 28 tahun bekerja di Yakult. Awalnya dia juga ingin membantu perekonomian keluarganya.

“Saya merasa bersyukur bisa bekerja di perusahaan yang baik dan besar. Sebagai karyawan, saya cukup mendapatkan support untuk mewujudkan cita-cita saya,” kata dia.

Selain dua nara sumber tersebut, Talkshow Virtual Hari Ibu: Cerita Ibu Inspirasiku juga menghadirkan  narasumber lain yakni Endah Susiani, Direktur PT Pegadaian Galeri 24 yang diwakili Kepala Divisi Operasional Galeri24, M. Yusuf Y. Badar; dan  Anne Purba, Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya