SOLOPOS.COM - Ilustrasi digitalisasi (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Beragam fitur digital terus dikembangkan PT Bank BCA Digital, anak usaha PT Bank Centra Asia Tbk. (BBCA). Fitur-fitur tersebut tersedia dalam aplikasi Blu agar pelanggan dapat melakukan beragam transaksi dalam satu genggaman. Direncanakan, Blu juga akan memiliki fitur pinjaman (lending) pada kuartal IV/2022 nanti.

Baca Juga: Diakuisisi BCA, Bank Royal Ganti Nama Jadi Bank Digital BCA

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

“Rencananya kuartal IV/2022 [akan diluncurkan] untuk direct lending,” kata Direktur IT dan Operasi BCA Digital, Iman Sentosa, di Jakarta, Senin (25/4).

Dia menjelaskan direct lending merupakan proses penyaluran pinjaman yang dilakukan oleh bank langsung kepada nasabah. Bank tidak melalui kanal pihak ketiga dalam menyalurkan kredit kepada nasabah, seperti perusahaan peer to peer lending dan lain sebagainya.

Iman mengatakan meski fitur kredit pada kuartal IV/2022 nanti bersifat direct, perusahaan juga tetap akan memperbanyak mitra kanal kredit. BCA Digital menargetkan pada tahun ini memiliki tiga mitra.

Baca Juga: Penyaluran Kredit BCA Tembus Rp615 Triliun, Sektor Ini Mendominasi

Dia berharap ketika fitur penyaluran kredit melalui kanal nondirect lending diluncurkan, ekosistem penyaluran kredit di BCA Digital sudah matang. Selain itu, sejalan dengan karakteristik pengguna Blu yang beragam, perseroan juga akan mengembangkan sistem skor kredit (credit scoring) untuk mengukur karakter masing-masing nasabah. Sistem ini akan membantu perusahaan dalam memetakan kualitas nasabah sehingga penyaluran kredit menjadi tepat sasaran.

“Jadi lebih baik satu partner tetapi [terhubung] besar, dari pada banyak partner tetapi kecil-kecil,” kata dia.

Baca Juga: MyBCA Bakal Perkuat Mobile Banking BCA, Apa Keunggulannya?

Diketahui, dana pihak ketiga (DPK) yang terkumpul di BCA Digital mencapai Rp3,16 triliun hingga 21 April 2022, dengan total transaksi uang masuk ke rekening Blu mencapai Rp5,1 triliun. Blu juga telah memiliki 675.900 pengguna hingga 21 April 2022. Aplikasi yang diluncurkan pada Juli 2021 tersebut terus berupaya merangkul pengguna baru dengan menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Direktur Utama BCA Digital, Lanny Budiati, mengatakan Blu juga telah melayani transaksi dengan total mencapai Rp23,7 triliun hingga hari ini (year to date/ytd), untuk semua transaksi. Untuk transaksi tanpa kartu, mencapai Rp87,78 miliar.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: BCA Digital Luncurkan Fitur Pinjaman Langsung pada Kuartal IV/2022

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya