SOLOPOS.COM - Soud binti Abdul Kadir Al Jufri. (kedua dari kiri) menerima uang dari BI Solo sebagai pengganti uangnya yang terbakar dalam musibah kebakaran gudang rongsok di Semanggi Pasar Kliwon Solo, Rabu (4/10/2023). (Istimewa/BI Solo).

Solopos.com, SOLO – Jagad media sosial Tiktok diramaikan dengan postingan video yang menunjukkan uang senilai Rp9 juta hangus terbakar akibat kebakaran gudang rongsok di Semanggi Pasar Kliwon pada Selasa (3/10/2023). Kabar hangusnya uang senilai Rp9 juta milik emak-emak itu pun sampai ke telinga Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo.

Saat dikonfirmasi Solopos.com, Nugroho Joko Prastowo membenarkan adanya uang Rp9,1 juta yang ikut terbakar dalam musibah kebakaran gudang rosok di Semanggi, Pasar Kliwon. “Dalam video tersebut namanya Ibu Soud binti Abdul Kadir Al Jufri. BI Solo turut prihatin atas musibah kebakaran yang melanda wilayah Pasar Kliwon tadi malam,” kata Nugroho pada Rabu (4/10/2023) malam.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Setelah menerima berita bahwa salah satu korban kebakaran uangnya juga turut terbakar, Tim Pengelolaan Uang Rupiah (PUR) BI Solo segera mendatangi Soud. Selanjutnya, Soud diajak ke BI Solo untuk dibantu identifikasi uang yang terbakar dan dilakukan penggantian. Setelah dilakukan penelitian, uang yang terbakar itu dinyatakan asli. Setelah dihitung jumlahnya senilai Rp9.150.000 yang terdiri dari pecahan Rp100.000 sebanyak 90 lembar dan pecahan Rp50.000 sebanyak tiga lembar.

“Atas uang yang terbakar tersebut telah diberikan penggantian penuh. Semoga bantuan kami dapat sedikit meringankan beban Ibu Soud dan mengimbau agar masyarakat dapat segera menyetorkan uang tunainya ke bank agar lebih aman dan selanjutnya bertransaksi secara nontunai,” terang Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya