SOLOPOS.COM - Ilustrasi Saudia Air lines. (Istimewa/saudi-airlines).

Solopos.com, SOLO- Viral di Twitter mengenai calon penumpang yang menemukan tiket promo pesawat dari Solo ke Jeddah Arab Saudi dengan harga yang sangat murah yakni Rp5 juta pergi pulang (PP) menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan Saudia Airlines.

Warga Sragen yang berdomisili di Solo, berinisial PM, 34, menceritakan detik-detik mendapatkan promo tiket tersebut pada, Jumat (19/5/2023) malam.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Karyawan swasta ini mengatakan dirinya ikut war tiket hanya sekitar 10 menit setelah tau informasi ada tiket promo.

Selang beberapa menit, pembeliannya berhasil dan e-ticket diterbitkan. PM berhasil membeli tiket promo Solo-Jeddah PP total Rp5,1 juta dengan rute Solo-Jakarta menggunakan Garuda Indonesia dan Jakarta-Jeddah dengan Saudia Airlines.

PM memilih jadwal keberangkatan pada Februari 2024. Ia mendapatkan informasi tersebut dari grup sesama pencari tiket promo. Ia mengatakan pada Jumat itu ada sekitar 1.000-an orang yang berhasil membeli tiket promo Saudia Airlines.

Seingatnya promo masih berlangsung hingga, Minggu (21/5/2023). “Lebih baik nyesel beli daripada nyesel tidak beli,” kata PM.

PM meyakini promo tiket tersebut bukan karena sistem eror, melainkan program resmi maskapai.

Mengingat, sebelumnya pada 6 Mei lalu surat kabar ber-Bahasa Inggris di Dubai menuliskan Saudia Airlines bakal memberikan flash sale untuk destinasi tertentu dengan diskon maksimal 60%.

So far masih confirmed [pembelian tiketnya], belum ada informasi refund,” kata dia saat ditanya soal isu promo tersebut merupakan situs eror dan segera ada informasi refund. 

Setelah promo murah dari Solo, menurutnya promo beralih ke kota lain seperti New Delhi – Jeddah, CGK – Jeddah – Kairo. Ia mengartikan Saudia Airlines memang memberikan promo. “Lalu, after sepekan [sekarang] enggak ada statement resmi. Pun harganya dengan promo jatuhnya enggak kiamat banget,” tegasnya.

Kabar itu disusul dengan statement Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) melalui situs resmi mereka himpuh.or.id yang mengklaim tiket promo Saudia Airlines karena ada kesalahan sistem, Senin (22/5/2023).

Mereka juga mengklaim telah menghubungi perwakilan Saudia Airlines di Indonesia, Ayuberga, yang menyampaikan promo harga tiket Rute Solo-Jeddah PP muncul akibat error system.

“Ini system error. Sudah diperbaiki dan follow up kantor pusat [Saudia Airlines],” ujar President Director Ayuberga, Andri Bermawi, ditulis di himpuh.or.id, Senin (22/5/2023).

Sampai saat ini Andri mengaku belum mendapat informasi terkait pengembalian pembayaran atas tiket promo yang telah dibayarkan oleh pelanggan. Namun ia menyebut, kemungkinan akan dikembalikan.

“Mungkin akan di-refund langsung melalui credit card, diproses kantor pusat [Saudia Airlines] di Jeddah,” pungkas Andri, dikutip dari situs himpuh.or.id. 

Tanggapan Netizen

Sebelumnya, kabar viral tiket pesawat murah  ini kemudian banyak mendapat tanggapan dari netizen yang berkomentar pada unggahan tersebut.

Unggahan tersebut dilakukan oleh akun berma @islaa**ski pada tanggal 20 Mei 2023, tepatnya pada pukul 08.48 WIB. Dalam unggahan tersebut diperlihatkan mengenai tangkapan layar yang dilakukan pada pukul 19.44 waktu setempat.

Di dalamnya terdapat informasi mengenai tiket penerbangan dari Solo menuju Arab Saudi yang dijual dengan harga sangat terjangkau, sekitar US$181.03 atau sekitar Rp2,7 jutaan saja.

Tangkapan layar yang memperlihatkan tiket promo pesawat Solo-Jeddah untuk umrah tersebut diduga diambil dari situs resmi saudia.com.

Dalam situs tersebut juga tercantum harga tiket Rp2,7 jutaan ini adalah untuk tiket biasa. Sedangkan untuk kelas bisnis dipatok di harga US$497,63 atau sekitar Rp7,4 jutaan.

“Gw gak bisa dikasih tiket murah gini suka langsung impulsive panic buying dari Solo ke Jeddah cuma 2jutaan aja, tiket pulang pergi sekitar 5jutaan, bisnis class 6 jutaan,”  tulis caption terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya