SOLOPOS.COM - Ilustrasi pabrik (Bisnis-WD)

Solopos.com, JAKARTA – Ledakan kasus Covid-19 varian Omicron sempat menekan sektor industri alas kaki dalam negeri. Namun saat ini utilitas kapasitas produksi di sektor industri itu mulai membaik lagi.

Baca Juga: Mudik Lebaran Dibolehkan, Ini Harapan Pelaku Industri Tekstil

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Menurut Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), Firman Bakrie, selain terpicu permintaan Lebaran, perbaikan produksi juga didorong wacana pembelajaran tatap muka 100%.

“Sekarang [utilitas kapasitas produksi] sudah membaik, apalagi kemarin pemerintah sudah membolehkan mudik, aktivitas membaik, sebagian besar sekolah juga mulai mau tatap muka 100%,” kata Firman, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Batang Dulu Disebut Tempat Jin Buang Anak, Kini Jadi Kawasan Industri

Meski demikian, di awal bulan ini, industri sepatu juga ikut tertekan kenaikan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11%. Firman mengatakan selama pandemi, harga-harga sudah mengalami lonjakan.

Otomatis harga jual juga sudah naik di level konsumen. Dengan kebijakan tarif PPN yang baru ini, dia mengatakan pelaku usaha kemungkinan tidak akan kembali menaikkan harga jual. Hal itu terutama untuk menjaga daya beli.

“Soal tax, kami tidak bisa menaikkan harga. Dampak pandemi sendiri pun sudah menaikkan harga,” lanjut dia.

Baca Juga: ASEAN Para Games akan Dorong Pertumbuhan Industri dan Pariwisata Solo

Persoalan lain saat ini adalah pasokan bahan baku impor yang semakin sulit didapatkan. Selain karena kelangkaan kontainer yang belum mereda, regulasi pemerintah juga cenderung membatasi kuantitas importasi.

Sedangkan, jika mengambil pasokan bahan baku dari dalam negeri, harganya lebih tinggi dan secara variasi model tidak beragam.

Baca Juga: Kios Legendaris Jl. Mataram Malioboro, Rujukan Sepatu Keren dan Murah

“Variasi model harus banyak, tidak mungkin model dipenuhi 100% dari Indonesia, mau tidak mau harus impor. Kalau beli lokal, secara variasi model pasti kalah,” jelas dia.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Selepas Tertekan Omicron, Utilitas Alas Kaki Membaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya