SOLOPOS.COM - Executive Chef, Kiki Dwi Septian (kedua dari kiri) merapikan pohon Natal berbahan kue dan permen jahe di area lobi The Sunan Hotel Solo, pada Senin (4/12/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SOLO – Ada yang unik di dalam perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) di The Sunan Hotel Solo. Perayaan tersebut menghadirkan kreasi unik berupa pohon Natal berbahan permen dan kue jahe dengan tinggi hampir dua meter.

General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari menguraikan, kue dan permen jahe dipilihnya karena untuk melestarikan aneka jajanan tradisional yang dimiliki Kota Solo. Menurut Retno permen jahe merupakan permen yang tergolong kuno berbahan dasar gula merah dan jahe.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Permen ini berfungsi untuk menghangatkan dan menyegarkan badan. Sedangkan, kue jahe atau biasa dikenal ginger bread cookies merupakan salah satu jenis sajian khas perayaan Natal. Unsur ini, lanjut Retno, menggambarkan semangat dan energi positif dalam menyambut Nataru.

“Yang menarik dari dekorasi Natal di The Sunan Hotel Solo selalu berganti-ganti setiap tahun. Tahun ini kami menggunakan permen jahe, tahun kemarin kue jagung. Kami ingin menghasilkan suatu memori untuk mereka yang datang ke hotel ini,” ujar Retno kepada awak media di Narenda Restaurant The Sunan Hotel Solo, pada Senin (4/12/2023).

Pohon Natal tersebut berada di lobi area The Sunan Hotel Solo dengan tinggi 190 sentimeter (cm) dengan diameter dua meter. Untuk membuat pohon Natal tersebut membutuhkan sepuluh kilogram (kg) jahe yang ditempel menggunakan white chocolate.

Untuk menambah nilai seni, pohon Natal tersebut juga dihiasi dengan sejumlah ornamen dan pernak-pernik Nata.

“Pohon Natal unik yang menarik perhatian para tamu yang menginap maupun masyarakat yang sedang berada di The Sunan Hotel Solo,” ujar Retno.

Dalam kesempatan yang sama, Executive Chef, Kiki Dwi Septian, mengaku membuat kreasi pohon Natal mulai Jumat (1/12/2023). Ia mengerjakannya bersama tim berjumlah empat orang. Dekorasi kue dan permen jahe ini menurut Kiki bisa tahan hingga sebulan penuh.

“Tapi masih 85%, nanti kami akan hias kembali dengan salju-salju di atas. Besok sudah selesai,” tambah Kiki.

Untuk lebih memeriahkan nuasansa Natal, Kiki juga meluncurkan beberapa menu khusus bertemakan Natal. Menu itu misalnya, Chicken Siomay, Prawn Avocado Salad, Salmon Wellington, Roasted Peking Duck, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya