SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, memberangkatkan KA Manahan dari Stasiun Solo Balapan, Kamis (1/6/2023). (Solopos/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi menambah lima rute perjalanan kereta api baru secara serentak pada Kamis (1/6/2023) kemarin.

Penambahan ini diresmikan dengan meluncurkan lima kereta api baru di empat stasiun, yaitu Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Surabaya Gubeng, dan Stasiun Jember.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Perinciannya, peluncuran KA Argo Merbabu relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir pp dan KA Banyubiru relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan pp diresmikan di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Kemudian, peluncuran KA Manahan relasi Solo Balapan – Gambir pp diresmikan di Stasiun Solo Balapan, KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir pp diresmikan di Stasiun Surabaya Gubeng, dan peluncuran KA Pandalungan relasi Jember – Gambir pp diresmikan di Stasiun Jember.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, peluncuran lima perjalanan kereta api baru ini merupakan implementasi peningkatan pelayanan perseroan.

Hal ini seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023 yang berimbas pada banyaknya kereta api mengalami percepatan waktu tempuh dan perubahan jadwal keberangkatan.

Selain itu, perjalanan kereta baru ini juga merupakan wujud komitmen KAI yang adaptif dalam memenuhi permintaan pelanggan dan terus melakukan inovasi untuk peningkatan layanan transportasi berbasis rel.

“Semoga dengan adanya launching lima KA baru ini dapat membawa manfaat dan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilalui kereta api. Sekaligus meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan sehat,” kata Didiek melalui keterangan resminya, Kamis (1/6/2023).

Didiek melanjutkan, selama Juni 2023, KA Pandalungan beroperasi pada hari Kamis hingga Senin, KA Banyubiru beroperasi pada hari Kamis-Minggu, dan KA Argo Semeru serta KA Argo Merbabu akan beroperasi setiap hari.

Di Solo, peresmian KA Manahan dilakukan oleh Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Heru Kuswanto, Wakil Walikota Solo Teguh Prakoso, Forkopimda, Kepala Cabang BI dan Perbankan serta Pejabat Daerah dan Kewilayahan di Kota Solo.

Per Kamis (1/6/2023), KAI memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka). Penerapan Gapeka 2023 menghasilkan beberapa KA baru yang pengoperasiannya dilakukan secara serentak pada Kamis di berbagai daerah, antara lain KA Manahan relasi Solo Balapan – Gambir dan KA Banyubiru relasi Solo Balapan – Semarang Tawang.

Perubahan Gapeka dari 2021 ke 2023 dilatarbelakangi adanya Jalur Ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan, pengoperasian lintas double-double track (DDT), peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120km/jam, perubahan sistem persinyalan, dan pengoperasian jembatan no 1120.

Heru Kuswanto mengatakan KA Manahan adalah KA kelas eksekutif yang membawa 8 kereta. Total kapasitas kereta tersebut sebanyak 400 tempat duduk (seat).

Heru menambahkan KA Manahan diharapkan bisa menambah pilihan perjalanan menggunakan KA sehingga masyarakat dapat menyesuaikan perjalanan dengan waktu yang diinginkan.

“Selain itu juga diharapkan penambahan KA baru dapat meningkatkan mobilitas dan animo masyarakat menggunakan transportasi yang aman, nyaman, dan sehat,” ujar Heru dalam sambutan peresmian KA Manahan.

Tidak dimungkiri, sejumlah langkah perbaikan prasarana oleh KAI dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan berhasil mempercepat waktu tempuh perjalanan. Terbukti langkah ini juga meningkatkan kecepatan KA pada beberapa lintas.

“Peningkatan layanan melalui berbagai inovasi akan terus dilakukan. Harapannya agar masyarakat dapat terus menggunakan kereta api sebagai moda transportasi andalannya,” tutup Heru.

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakoso, menyambut baik KA baru yang menghubungkan Solo dengan kota-kota lain.

“Solo saat ini menjadi kota wisata, tidak heran jika demand pergi ke kota ini meningkat. Saya berharap pembangunan ini tidak hanya karena Presiden Jokowi berasal dari Kota Solo, tetapi setelah dia lengser pun kota ini harus bisa terus maju,” ujar Teguh dalam sambutannya.

Nama KA Manahan diambil dari tokoh masyarakat Solo bernama Ki Ageng Pemanahan, seorang tokoh yang dihormati rakyat Solo pada tahun 1500-an. Manahan juga merupakan nama kelurahan di Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Diharapkan KA Manahan dapat membawa semangat menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal seperti keramahan, keberagaman, kearifan lokal, atau tradisi budaya yang khas bagi masyarakat Solo.

Rute Terjauh

Salah satu rute yang diluncurkan PT KAI adalah perjalanan kereta api terjauh yakni KA Pandalungan dengan rute Stasiun Jember – Stasiun Gambir Jakarta (PP) di Stasiun Jember, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023).

Pemberangkatan KA Pandalungan secara perdana dengan membawa sebanyak 230 penumpang dilakukan oleh Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa bersama Bupati Jember Hendy Siswanto di Stasiun Jember.

“Dengan peresmian itu berarti KA Pandalungan menjadi kereta api dengan rute paling jauh yang dioperasionalkan oleh KAI dengan menempuh jarak 919 kilometer,” kata Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa di Jember.

Menurut dia, peluncuran KA Pandalungan itu merupakan implementasi peningkatan pelayanan KAI seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang berlaku terhitung mulai 1 Juni 2023.

Di samping itu, lanjut dia, hadirnya KA Pandalungan merupakan alternatif untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan bepergian menuju ibukota dengan kepastian jadwal, waktu tempuh yang efisien dan kenyamanan sepanjang perjalanan.

“Nama Pandalungan sebagai nama kereta dari Jember tujuan Jakarta adalah sebagai bentuk apresiasi KAI untuk masyarakat Pandalungan yang berada di wilayah tapal kuda. Harapannya, kalau orang di wilayah tapal kuda mau bepergian, naiknya ya KA Pandalungan,” tuturnya.

KA Pandalungan membawa 8 kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Pada tahap awal, kereta tersebut akan beroperasi setiap hari selama dua pekan pertama bulan Juni, kemudian pada minggu ketiga dan keempat akan berjalan pada hari Kamis hingga Senin.

“Selama bulan Juni, KAI juga memberikan tarif tiket promo KA Pandalungan senilai Rp300.000 untuk semakin menarik minat pelanggan,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasi dari KAI, sebanyak 100 pelanggan pertama KA Pandalungan yang boarding untuk keberangkatan pada 1 Juni 2023 dibagikan segelas coklat hangat.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan adanya KA Pandalungan itu memudahkan mobilitas masyarakat menuju Jakarta dan kereta tersebut menjadi moda transportasi pertama menempuh rute terjauh yang langsung berangkat dari Jember menuju Jakarta.

“Masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan pergi ke Jakarta tidak perlu transit untuk berganti kereta api di stasiun Surabaya terlebih dahulu. Dengan menggunakan transportasi kereta api sangatlah aman karena mengurangi risiko kecelakaan di jalan,” katanya.

Kabupaten Jember ke depannya akan ada berbagai event spektakuler seperti Lomba Drumband yang pesertanya berasal dari Negara Asian, Jember Fashion Carnival, Jember Kota Cerutu Indonesia dan berbagai event yang tentunya akan mendatangkan ribuan pengunjung datang ke Jember.

Harga Tiket

KA Manahan beroperasi secara fakultatif, disesuaikan dengan permintaan pangsa pasar. Pelanggan dapat melihat jadwalnya di aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.



Untuk semakin menarik minat pelanggan, KAI menawarkan tarif promo dengan jumlah terbatas pada KA Pandalungan seharga Rp300.000, KA Argo Semeru seharga Rp250.000, KA Argo Merbabu Rp200.000, KA Manahan seharga Rp200.000, serta KA Banyubiru kelas eksekutif Rp30.000 dan kelas ekonomi Rp20.000.

Tarif promo ini berlangsung sepanjang Juni 2023. Sementara itu, KA Banyubiru terdiri atas 4 gerbong eksekutif dan 3 gerbong ekonomi berkapasitas 432 tempat duduk atau 3 gerbong eksekutif dan 6 gerbong ekonomi berkapasitas 630 tempat duduk.

Masyarakat dapat membeli tiket KA-KA baru tersebut pada aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI.

Untuk informasi lebih lanjut terkait KA-KA baru tersebut serta layanan KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121. Didiek menambahkan, KAI terus beradaptasi dan memberikan solusi-solusi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak.

Perwujudan ketepatan waktu perjalanan kereta api tidak dapat tercapai tanpa dukungan pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan yang terus membangun prasarana kereta api lebih baik lagi.

Adapun, untuk kelas pelayanannya, saat ini KA Pandalungan, KA Argo Merbabu, dan KA Manahan terdiri atas 8 gerbong eksekutif berkapasitas 400 tempat duduk, KA Argo Semeru terdiri dari 9 gerbong eksekutif berkapasitas 450 tempat duduk.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya