SOLOPOS.COM - OJK Solo bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Mas Said Surakarta dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Solo Raya menggelar Pekan Literasi Keuangan se-Solo Raya yang diselenggarakan mulai Senin-Rabu (28-30/8/2023) di Kampus FEBI UIN RM Said Surakarta. (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama seluruh pemangku kepentingan terus berupaya meningkatkan literasi khususnya di kalangan mahasiswa agar memiliki pemahaman yang baik atas manfaat dan risiko dari produk dan layanan jasa keuangan.

Guna mendukung upaya itu, OJK Solo bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Raden Mas Said Surakarta dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Solo Raya menggelar Pekan Literasi Keuangan se-Soloraya yang diselenggarakan selama tiga hari mulai Senin-Rabu (28-30/8/2-23) di Kampus FEBI UIN RM Said Surakarta.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Kepala OJK Solo Eko Yunianto didampingi Wakil Rektor UIN RM Said Surakarta Imam Makruf, Ketua FKIJK Solo Raya Djaka Nur Sahid serta perwakilan IJK hadir dalam pembukaan Pekan Literasi Keuangan di Graha UIN RM Said Surakarta, Senin (28/8/2023).

Eko Yunianto menyampaikan berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) Tahun 2022 menunjukkan secara nasional indeks literasi keuangan sebesar 49,68 persen dan indeks inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.

Oleh karena itu, pemerintah bersama regulator, OJK, maupun para akademisi perlu terus meningkatkan literasi keuangan.

“Melalui kegiatan Pekan Literasi Keuangan diharapkan mampu meningkatkan awareness dan pemahaman masyarakat khususnya civitas academica mengenai lembaga, produk dan layanan jasa keuangan yang dimiliki Industri Jasa Keuangan di Indonesia,” kata Eko dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Eko juga meresmikan insurance corner FEB UIN RM Said Surakarta untuk memberikan kemudahan bagi civitas academica dalam memperoleh informasi terkait produk dan layanan jasa keuangan di bidang asuransi.

Apresiasi Pekan Literasi Keuangan OJK

Sedangkan Wakil Rektor UIN RM Said Surakarta Imam Makruf memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Pekan Literasi Keuangan sekaligus menyampaikan pentingnya kecakapan literasi di tengah kemajuan teknologi saat ini.

“Berbicara mengenai literasi, saat ini dunia teknologi digital telah berkembang dengan pesat yang mengharuskan adanya transformasi program kurikulum dan peningkatan kompetensi berbasis teknologi yang mengedepankan kecakapan literasi yang beraneka ragam termasuk literasi digital,” kata Imam.

Lebih lanjut, Imam mengatakan penyelenggaraan pekan literasi keuangan diharapkan dapat meningkatkan kapabilitas dan kompetensi mahasiswa serta memberikan pengetahuan yang memadai terkait peluang kerja di industri jasa keuangan.

Ketua FKIJK Solo Raya Djaka Nur Sahid juga turut menyampaikan komitmen dan dukungan IJK dalam kegiatan Pekan Literasi Keuangan.

“Kegiatan Pekan Literasi Keuangan ini melibatkan semua industri dari sektor Perbankan, Pasar Modal dan Industri Keuangan Non-Bank Se-Soloraya yang memberikan kesempatan kepada mahasiwa untuk menggali informasi terkait industri jasa keuangan termasuk investasi,” kata Djaka.

Kegiatan Pekan Literasi Keuangan di UIN Raden Mas Said merupakan program literasi keuangan yang sudah direncanakan sejak lama.

Kegiatannya meliputi peluncuran insurance corner, kuliah perdana industri jasa keuangan, pameran industri jasa keuangan, jasa konsultasi keuangan dan peluang kerja serta business partnership.

Ke depan, OJK Solo bersama FKIJK Solo Raya dan FEBI UIN Raden Mas Said Surakarta akan terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi melalui program kemitraan penguatan literasi keuangan lain secara rutin.

Tujuannya yakni mendorong terwujudnya kampus literasi yang berkelanjutan sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang well literate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya