SOLOPOS.COM - Ilustrasi live streaming. (Freepik).

Solopos.com, SOLO — Pekerjaan pemasaran online secara langsung melalui platform digital dengan live streaming sales kini sedang digandrungi masyarakat, khususnya anak muda.

Dilansir dari platform penyedia lowongan kerja id.indeed.com, talent host live streaming digaji beragam sesuai lokasi dan perusahaannya.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Misalnya talent di Perusahaan Dutagriya Sarana Jakarta digaji  Rp4,9 hingga Rp6 juta per bulan, lalu gaji talent brand Jilbrave di Bogor digaji  Rp3 juta hingga Rp3,5 juta per bulan.

Sementara, gaji pekerjaan staf host live streaming di PT Lucky Mom Indonesia (MAKUKU) – Jakarta mulai Rp5 juta hingga Rp8 juta per bulan.

Lowongan pekerjaan sebagai host live streaming juga marak, disusul banyaknya e-commerce dan media sosial yang menyediakan fitur live streaming sales.

Di sisi lain, pemilik online shop juga berlomba-lomba merebut hati para pembeli dengan menampilkan produk-produk mereka melalui berbagai kanal live streaming sales tersebut.

Sebagai gaya pemasaran baru, fenomena live streaming sales ini juga melahirkan peluang pekerjaan baru yakni host live streaming.

Lowongan pekerjaan sebagai host live streaming biasanya mencari talent untuk memandu sesi acara belanja langsung yang ditayangkan di media sosial maupun aplikasi online shop.

Istilah pekerjaan host live streaming juga kerap disebut sebagai live streamer atau host streamer. Seorang host live streaming merupakan mereka yang melakukan dan memandu aktivitas live streaming, termasuk untuk live streaming sales.

Lowongan pekerjaan host live streaming juga cukup banyak. Ditelusuri di platform pencari kerja LinkedIn misalnya, ada 14 perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan tugas tersebut.

Salah satunya yakni lowongan pekerjaan host live streaming penuh waktu di PT Triangle Motorindo – Viar Motor Indonesia di Jakarta. Total ada 157  pelamar yang mencoba lowongan pekerjaan host live streaming di perusahaan tersebut.

Kualifikasi pekerjaan host live streaming di PT Triangle Motorindoi cukup mudah, yakni minimal berpengalaman dengan pekerjaan host live streaming minimal selama 1 tahun.

Kemudian dapat berinteraksi secara aktif dengan penonton melalui komentar dan pertanyaan selama live streaming. Pelamar juga harus bisa berkoordinasi dan bekerja sama dengan tim.

Sementara, tugas pekerjaan host live streaming di semua tempat biasanya hampir sama, yakni mempelajari materi untuk sesi live streaming. Selanjutnya, seorang host harus memahami produk knowledge dan dapat menjelaskan manfaat dan keungulan produk kepada penonton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya