SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo Tokopedia.

Solopos.com, SOLO – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-476 Kota Semarang, Selasa (2/5/2023), Tokopedia mencatat beberapa temuan menarik terkait tren transaksi di tersebut.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata, mengungkapkan melalui salah satu turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia Nyam!, Tokopedia terus membantu pegiat usaha khususnya UMKM lokal untuk menjangkau pasar yang lebih luas. “Hal tersebut didukung dengan adanya kenaikan transaksi Tokopedia Nyam! di Kota Semarang sebesar 1,5 kali lipat pada kuartal I 2023, dibandingkan 2022 lalu,” kada dia dalam rilis, Selasa.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

Dari data internal Tokopedia, tercatat makanan kering, makanan beku, minuman, makanan sarapan, dan makanan ringan menjadi beberapa produk dengan kenaikan transaksi kampanye Tokopedia Nyam! tertinggi di Kota Semarang. Pada kuartal I 2023 dibandingkan 2022 lalu, mengalami rata-rata kenaikan transaksi sebesar 2,5 kali lipat. Sedangkan untuk daerah tujuan pengiriman terjauh selama kuartal I 2023, yakni Kota Banda Aceh.

Disebutkan, selain layanan tersebut, layanan gudang pintar Dilayani Tokopedia juga turut membantu para UMKM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Terlihat dari kenaikan jumlah jumlah penjual di Kota Semarang yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari 1,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibanding periode sama 2022.

Salah satu pelaku UMKM asal Semarang, Shella Audry, yang merupakan pemilik usaha Java Loenpia, mengatakan Tokopedia menjadi marketplace pilihan utamanya dalam menjalankan bisnis. Ia mengaku telah merasakan berbagai dampak positif sejak bergabung dan mengembangkan bisnis bersama Tokopedia.

Disebutkan, lumpia merupakan produk makanan yang identik dengan makanan orang tua. Untuk itu, pihaknya terus berinovasi menghadirkan berbagai pilihan rasa lumpia yang sesuai dengan kebutuhan keinginan masyarakat khususnya kalangan muda.

Shella mengatakan saat ini Java Loenpia dapat terus berkembang salah satunya karena terus melakukan inovasi yang relevan dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat serta memanfaatkan platform teknologi seperti Tokopedia. Tujuannya adalah agar semakin memperluas pasar. Selain perkembangan usahanya, Shella juga senang dapat memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitarnya untuk bergabung dengan Java Loenpia.

Pemilik usaha Moaci Gemini, Stefania, juga mengatakan sejak adanya pandemi, dia memutuskan untuk mulai berjualan di Tokopedia untuk mempertahankan bisnisnya yang terdampak pandemi.

“Moaci Gemini sendiri dikenal sebagai oleh-oleh khas Semarang sehingga terpengaruh oleh industri pariwisata di Kota Semarang yang mengalami penurunan di masa pandemi,” kata Stefania.

Menurutnya sejak bergabung di Tokopedia, Moaci Gemini dapat menjangkau pasar lebih luas di luar Kota Semarang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya