SOLOPOS.COM - Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, menjelaskan bahwa jarak terjauh pengiriman paket barang pada periode Ramadan-Lebaran 2023 mencapai 3.500 km. Jarak tersebut berasal dari Jakarta menuju Jayapura.

Ekhel mengaku keberhasilan dan kelancaran seluruh pengiriman barang saat Ramadan dan Lebaran yang merupakan peak season bisa diraih berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik. Dia mengatakan momen Ramadan sampai Lebaran 2023 telah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia untuk menciptakan peluang usaha bisnis online bahkan mendongkrak penjualan.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Hal tersebut dia sampaikan dalam acara Konferensi Pers Tren Belanja Online Selama Ramadan hingga Lebaran 2023 di Tokopedia, Selasa (9/5/2023). “Perlengkapan rumah tangga, makanan dan minuman, serta fesyen menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan hingga Lebaran 2023. Temuan ini sejalan dengan kondisi di mana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” ungkap Ekhel dalam acara tersebut.

Dia menambahkan daya beli masyarakat saat ini sudah cenderung meningkat. Salah satunya berkat layanan Tokopedia NOW! Sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023.

Tokopedia NOW! Adalah layanan yang mempermudah masyarakat untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur ataupun buka puasa dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkos kirim (ongkir).  “Di sisi lain, masyarakat masih mengandalkan kanal online untuk membeli makanan atau minuman. Pada kampanye Tokopedia NYAM!, kami mencatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023,” papar Ekhel.

Tokopedia juga membantu masyarakat mudik dengan menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, salah satunya pesawat. Dia menyebut Sidoarjo menjadi tujuan utama pembelian tiket pesawat paling banyak selama Ramadan 2023.

Aktivitas di Tokopedia selama Ramadan dan Lebaran 2023 tidak hanya untuk jual beli. Menurut Ekhel Tokopedia dan pelaku usaha lainnya juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping lewat kanal video streaming Tokopedia PLAY.

Menurutnya, jam ngabuburit menjadi waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk menikmati tayangan Tokopedia PLAY. Tokopedia juga menyediakan layanan zakat online dan selama Ramadan hingga Lebaran 2023 yang terkumpul lebih dari Rp5 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya