SOLOPOS.COM - Komisaris Utama Bank Muamalat Indonesia, Ilham Akbar Habibie, memberikan motivasi secara virtual pada Wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ke 101 periode III, Kamis (28/10/2021). (Istimewa)

Solopos.com, MALANG — Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM bekerja sama dengan Bank Muamalat dalam upaya meningkatkan keahlian mahasiswa di bidang kewirausahaan berbasis ekonomi syariah.

Komisaris Utama Bank Muamalat Indonesia, Ilham Akbar Habibie, mengatakan Bank Muamalat memiliki tiga fokus dalam transformasi digital, yakni customer first yang melahirkan aplikasi mobile banking. Layanan aplikasi ini tentu memiliki kemajuan di bidang teknologi.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Selanjutnya, digitalisasi operasional yang memudahkan layanan bagi para nasabah, serta transformasi sumber daya manusia,yakni bagaimana manusia harus memahami teknologi dengan baik serta resiko yang diterima.

“Dengan adanya tiga fokus tersebut, tentu kami ingin bisa menjadi pihak yang mampu mentransformasikan dan mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi secara digital,” katanya saat memberikan motivasi secara virtual pada Wisuda Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ke 101 periode III, seperti dilansir Bisnis.com, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Punya Peternakan di Wonogiri, Ini Deretan Bisnis Widodo Makmur Perkasa

Direktur Retail Bisnis Bank Muamalat Indonesia, Purnomo B., menambahkan Muamalat Training Center kini telah berubah menjadi Mu’amalat Institute. Nantinya, jika para mahasiswa tertarik dengan keuangan Syariah, mereka bisa mengikuti pembinaan yang Muamalat Institut sediakan.

“Semoga dengan adanya MoU ini bisa mengembangkan skill entrepreneur muda berbasis syariah yang dimiliki para mahasiswa UMM,” harapnya.

Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Prof. KH. Saad Ibrahim, mengisahkan bahwa Prof. Habibie adalah ilmuwan terbesar yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Menurut dia, ada dua aspek utama yang ada dalam diri Habibie, yakni intelektualitas yang bisa dilihat melalui karya dan temuannya dan sisi spiritual.

Baca Juga: Perluas Akses Layanan, Pegadaian Gandeng JNE

“Kedua aspek tersebut harus menjadi bekal bagi para wisudawan agar bisa mendapatkan keberhasilan di dunia dan akhirat. Saudara juga harus senantiasa mengandalkan Allah dan menetapkan arah hidup kepada Allah,” ucapnya.

Rektor UMM, Fauzan, menjelaskan proses pendidikan selama di kampus akan menjadi modal dalam menaklukkan kehidupan. Tidak hanya secara material, tapi juga spiritual. Para wisudawan memiliki rasa tanggung jawab atas masa depan.

“Saudara-saudara juga harus terus mengeksplorasi ilmu. Tidak puas dengan yang dimiliki hingga bisa menyempurnakan kehidupan saudara,” katanya.

Prosesi kelulusan kali ini dilakukan secara luring dan daring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pada wisuda tersebut juga berlangsung penandatanganan kerjasama Memorandum of Understanding (MoU) antara Kampus Putih UMM dan Bank Muamalat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya