SOLOPOS.COM - KAI Commuter kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) dengan JRTM Jepang, Rabu (13/3/2024). (Istimewa)

Solopos,com, SOLO — KAI Commuter terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat pengguna Commuter Line.

Setelah KAI Commuter melakukan penandatanganan pengadaan sarana KRL baik dengan PT INKA (Persero) dan CRRC Sifang China, KAI Commuter kembali melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoU) dengan JRTM Jepang, Rabu (13/3/2024). Sebelumnya KAI Commuter telah melakukan penandatanganan Kontrak Kerja Sama Pengadaan Suku Cadang KRL periode ke-2 dengan jangka waktu multiyears atau Long Term Purchase Agreement (LTPA) dengan periode kerja sama 2024-2027.

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Pada penandatanganan kontrak dan nota kesepahaman kerja sama itu, PT KCI diwakili Direktur Utama Asdo Artriviyanto, menyampaikan kerja sama yang saling menguntungkan ini akan terus berlanjut dalam rangka mendukung kelancaran operasional perkeretaapian di masa mendatang khususnya di wilayah Jabodetabek.

“Pada lima tahun terakhir PT KCI terus menjalin kerja sama dengan pihak Jepang dalam pengadaan suku cadang, peningkatan kompetensi pegawai, dan hal-hal lain guna mendukung KRL di Indonesia dapat beroperasi dengan baik,” ujar Asdo dalam sambutannya.

Kontrak kerja sama LTPA yang ditandatangani itu memiliki total nilai investasi kerja sama dari tahun 2024 sampai dengan 2027, lebih kurang senilai Rp734 miliar. “Dengan total investasi nilai kerja sama LTPA ini untuk memastikan ketersediaan suku cadang dan perawatan sarana KRL berjalan dengan baik untuk kebutuhan operasional pelayanan KAI Commuter selama tiga tahun ke depan,” tambah Asdo dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, Rabu.

Selain penandatanganan kontrak kerja sama LTPA terkait pengadaan suku cadang KRL, KAI Commuter juga melakukan penandatanganan MoU dengan JRTM Jepang yang meliputi:

1.Perpanjangan umur teknis untuk seri JR 205 dengan program peremajaan

2.Mempromosikan dan bekerjasama dalam perawatan dan pengelolaan penyediaan jasa suku cadang

3.Pelatihan dan transfer knowledge untuk mendukung dan mempersiapkan implementasi peremajaan sarana

4.Pertukaran tenaga ahli

5.Penyediaan suku cadang dan manajemen persediaan

6.Bidang lainnya yang terkait.

Sebelum agenda penandatanganan, KAI Commuter juga melakukan kunjungan ke MLIT (Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism) Japan didampingi oleh Athub KBRI untuk menjalin hubungan baik dan kerja sama dalam pengembangan layanan KAI Commuter ke depan. KAI Commuter juga melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Indonesia di Jepang untuk melaporkan bentuk kerja sama ini.

PT KCI sebagai operator Commuter Line, saat ini telah mengangkut dan melayani rata-rata pengguna 1 juta lebih orang per hari di seluruh wilayah operasionalnya. Tentu PT KCI akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan berkolaborasi banyak pihak sehingga tercipta ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia yang memudahkan masyarakat dalam bermobilisasi.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba juga menyampaikan KAI Commuter akan terus membuka kerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk peningkatan layanan kepada penggunanya. “Transportasi publik seperti KRL harus terus berkembang agar target 2 juta lebih pengguna per hari tercapai. KAI Commuter juga harus siap mengembangkan layanan di luar Jabodetabek dan mendorong pemerintah untuk melakukan elektrifikasi di berbagai wilayah Indonesia,” tutup Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya