SOLOPOS.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat pembukaan JakCloth Summerfest Reload di Jakarta belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Event lokal clothing terbesar di Indonesia, JakCloth Summerfest Reload kembali digelar 5-9 Juli 2023 di Senayan, Jakarta. JackCloth merupakan wadah bagi inovasi, inspirasi, dan kolaborasi luar biasa para pelaku UMKM bidang fesyen.

“JakCloth bukan lagi hanya sebuah event, melainkan platform, bahkan agregator produk fashion terbaik lokal,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada pembukaan JakCloth Summerfest Reload di Jakarta dalam keterangan tertulis.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Teten mengatakan JakCloth telah menjadi event lokal clothing terbesar di Indonesia yang mendapat dukungan dari Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM).

KemenKopUKM memberikan dukungan pembiayaan melalui KUR dalam pembelian bahan baku kolektif, produksi bersama, gudang bersama, sampai dengan pembelian booth di event JakCloth agar UMKM semakin bisa mengakses pasar.

MenkopUKM mengatakan dukungan ini merupakan bentuk nyata bagaimana pemerintah juga merespon kebutuhan UMKM di Indonesia.

Ditegaskannya, industri fesyen memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Sebanyak 18% dari perolehan PDB Indonesia berasal dari sektor ini dan menyumbang 66% dari total nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia.

“Angka-angka ini membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh industri fesyen di Indonesia, dan JakCloth hadir sebagai wujud nyata dari keberhasilan ini. Perputaran ekonomi yang terjadi di setiap acara JakCloth dapat mencapai hingga milyaran rupiah,”kata Teten.

Dijelaskan, pada acara Lebaran Tour, JakCloth bekerja sama dengan ribuan UMKM Clothing untuk mengunjungi 13 kota besar di Indonesia. Banjarmasin, Malang, Bekasi, Samarinda, Lampung, Surabaya, dan kota-kota lainnya menjadi saksi perkembangan pesat industri fashion di Indonesia. Setiap acara JakCloth melibatkan lebih dari 300 brand UMKM lokal dengan transaksi mencapai Rp200 miliar.

Tak bisa ditampilkan, acara ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi UMKM yang terlibat, mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat yang lebih luas.

“Di sinilah peran agregator sebagai kunci mengonsolidasikan naik kelasnya UMKM Indonesia,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya