SOLOPOS.COM - Penyerahan penghargaan National Lighthouse 4.0 tahun 2024 oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) kepada Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi di Jakarta, Rabu (21/2/2024).(Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menobatkan PT Pupuk Indonesia sebagai National Lighthouse 4.0 tahun 2024. Penghargaan ini diberikan lantaran Pupuk Indonesia mampu menjadi role model dalam transformasi industri 4.0.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi di Jakarta, Rabu (21/2/2024).

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Dia menyampaikan hanya ada 15 perusahaan di Indonesia yang mendapatkan penghargaan National Lighthouse Industri 4.0 dari Kementerian Perindustrian, diantaranya adalah Pupuk Indonesia bersama dua anak perusahaannya, yaitu Petrokimia Gresik dan Pupuk Sriwidjaja Palembang.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Perindustrian atas penghargaan ini. Di lingkungan Pupuk Indonesia sudah banyak yang menerima penghargaan ini. Pertama kali Pupuk Kaltim, hari ini Pusri dan Petrokimia Gresik bersama Pupuk Indonesia juga menerima National Lighthouse Industri 4.0. Insya Allah, Pupuk Indonesia akan terus mengedepankan teknologi untuk mencapai efisiensi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Rahmad dalam keterangan tertulis.

Rahmad memastikan akan terus meningkatkan penerapan industri 4.0 di lingkungan Pupuk Indonesia Grup sehingga dapat mendukung cita-cita Perusahaan sebagai leader di pasar internasional. Beberapa program industri 4.0 yang telah diimplementasikan di Pupuk Indonesia sehingga mendapatkan penghargaan ini antara lain aplikasi Sales and Operation Planning Tools, yang merupakan sistem bantu simulasi optimasi profit dari proses SNOP. Merupakan salah satu tahapan dalam SNOP untuk memberikan skenario profit optimal bagi Pupuk Indonesia Grup.

Kemudian, Integrated Distribution and Logistics Optimization (Indioo) atau digital ekosistem yang terintegrasi, terdiri atas distribution planning, truck-vessel loading and unloading, port management, fleet management, warehouse management serta performance management.

Terakhir, Retail Management System (Rekan) Pupuk Indonesia atau open platform retail management system yang dirancang dapat terintegrasi dengan sistem eksternal sebagai single platform sales channel di kios.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi (tengah) saat penerimaan penghargaan National Lighthouse 4.0 tahun 2024di Jakarta, Rabu (21/2/2024).(Istimewa)
Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi (tengah) saat penerimaan penghargaan National Lighthouse 4.0 tahun 2024di Jakarta, Rabu (21/2/2024).(Istimewa)

Menurut Rahmad, pencapaian ini memotivasi Pupuk Indonesia dalam implementasi transformasi industri 4.0. Dampak akhir dari semangat ini, tambahnya, akan dinikmati oleh konsumen Pupuk Indonesia Grup, dalam hal ini petani dalam rangka menjaga ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan petani di dalam negeri.

“Kami akan terus mengimplementasikan industri 4.0 dalam setiap lini bisnis. Kami berharap bisa bisa menjadi Global Lighthouse Network Industri 4.0 seperti yang diharapkan Bapak Menteri Perindustrian kepada industri-industri besar di Tanah Air,” ujarnya.

Sementara itu, National Lighthouse Industri 4.0 merupakan salah satu kegiatan Badan Standarisasi dan Kebijakan Jasa Industri Kemenperin untuk mendorong perusahaan bertransformasi menjadi industri 4.0. Para peraihnya adalah perusahaan yang mampu menjadi percontohan bagi industri lainnya dalam transformasi dan implementasi industri 4.0, sehingga bertindak sebagai mercusuar untuk memandu industri lain dalam implementasi teknologi 4.0.

Menteri Agus Gumiwang berharap para penerima penghargaan tidak puas begitu saja. Tapi harus semakin kuat memacu diri untuk bisa menjadi Global Lighthouse yang merupakan kategori tertinggi.

“Saya sangat bangga hari ini ada 15 industri yang menjadi National Lighthouse Industri 4.0 yang batu. Ini melebihi target yang saya berikan tahun lalu yaitu lima industri. Implementasi industri 4.0 harus semakin ditingkatkan,” ujar Agus Gumiwang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya