SOLOPOS.COM - Ada beberapa perbedaan antara emas Antam dengan UBS yang perlu diketahui sebelum investasi. (Ilustrasi/Solopos Dok).

Solopos.com, SOLO — Setelah momentum Lebaran, tidak ada salahnya untuk kembali melakukan aktivitas investasi. Salah satu jenis investasi yang dapat dipilih adalah investasi emas. Berikut beberapa keuntungan jika membeli emas setelah Lebaran.

Pada sebuah artikel yang diunggah di www.galeri24.co.id, menyebutkan adanya beberapa keuntungan yang bisa didapatkan masyarakat ketika membeli emas di masa setelah Lebaran. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

  1. Memiliki dana lebih.

Mingkin bagi sebagian orang yang mendapatkan tunjangan hari raya (THR) menjelang Lebaran kemarin, tidak menghabiskannya secara keseluruhan untuk kebutuhan Lebaran. Ada juga yang mungkin memilih untuk menyisihkan sebagian uang THR itu untuk tabungan.

“Momen tersebut idealnya harus dimanfaatkan dengan baik, salah satunya beli emas. Membeli emas dengan dana lebih tak akan membuat anda merugi. Justru Anda untung karena uang lebih tersebut akan disimpan di dalam emas yang nilainya sangat stabil,” bunyi keterangan dalam artikel tersebut.

Dengan melakukan pembelian ema situ bukan tidak mungkin di masa depan emas yang dibeli itu nilainya akan naik berlipat.

  1. Harga yang sedang bagus.

Disebutkan bahwa pada 2023 ini, harga emas mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Per April, harga emas ada di kisaran Rp1 juta lebih. Angka tersebut diyakini juga akan terus mengalami kenaikan oleh berbagai faktor. Sebelum harganya belum terlalu naik, masyarakat bisa memanfaatkannya untuk membeli emas setelah Lebaran ini.

  1. Bisa menjadi dana darurat

Dalam pengelolaan keuangan, dana darurat juga diperlukan untuk mengantisipasi kebutuhan yang sifatnya penting dan mendesak. Dengan adanya dana lebih dari sisa THR, tentu menjadi keuntungan tersediri. Sebab kita tidak perlu menyisihkannya dari pendapatan bulannya, yang biasanya juga tidak mudah dilakukan.

  1. Mudah dicairkan atau diuangkan.

Keuntungan lain membeli emas setelah Lebaran adalah sifar emas yang mudah dicairkan. Sebab emas menjadi aset yang mempunyai sifat likuiditas tinggi atau mudah diuangkan.

  1. Belajar menahan diri.

Dengan memanfaatkan uang sisa THR untuk membeli emas, bisa menjadi salah satu sarana belajar menahan diri. Mungkin untuk saat ini emas yang dibeli tidak berdampak apa-apa karena belum memiliki kebutuhan yang kebih. Namun di kemudian hari emas bisa membantu ketika kita dalam kesulitan kuangan. Bahkan bukan tak mungkin, emas mampu membantu mewujudkan mimpi dalam meraih sesuatu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya