SOLOPOS.COM - Pintu barat Terminal Tirtonadi yang rencananya menjadi tempat drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis, Jumat (31/3/2023). (Istimewa).

Solopos.com, SOLO — Terminal Tirtonadi Solo bersiap menghadapi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2023.

Selain itu, pihak Terminal Tirtonadi Solo juga sudah berkomunikasi dengan beberapa penyelengaara mudik gratis (Mutis) yang akan menggunakan Terminal Tirtonadi sebagai lokasi penurunan penumpang. 

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Tirtonadi, Bandiyono kepada para wartawan, Jumat (31/3/2023) menyebut, beberapa provinsi yang akan mengadakan mudik gratis adalah Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jabar, dan Provinsi Banten.

“Saat ini kita masih terus mengintensifkan komunikasi dengan pihak penyelenggara mudik gratis. Selain dari beberapa Provinsi, juga ada program mudik gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan dan ada juga mudik gratis yang merupakan CSR perusahaan,” ujar Bandiyono .

Lebih lanjut Bandiyono mengatakan, saat ini baru Provinsi DKI Jakarta yang sudah memberikan data pemudik yang turun di Terminal Tirtonadi. Sedangkan penyelenggaran mudik gratis yang lain masih fluktuatif karena masih melakukan pendaftaran.

“Yang sudah pasti adalah Provinsi DKI Jakarta, yakni akan menggunakan 35 bus dan 2 truk pengangkut sepeda motor untuk arus mudik. Sedangkan arus balik akan menggunakan 30 bus dan 2 truk. Untuk provinsi yang lain masih dalam tahap koordinasi,” terang dia.

Menghadapi padatnya penumpang saat arus mudik, Bandiyono mengatakan sudah mempersiapkan skema-skema khusus menyambut kedatangan pemudik. Salah satunya dengan mempersiapkan tempat drop off dan parkir khusus bagi program Mudik Gratis.

Lokasi yang direncanakan adalah di sisi sebelah barat dan timur pintu masuk Terminal Tirtonadi.

“Kita masih ada space yang bisa digunakan untuk drop off dan parkir mudik gratis. Ini akan kita maksimalkan, sehingga tidak berdampak pada bus reguler yang biasa keluar dan masuk terminal.” Ujarnya.

Selain kesiapan lokasi, Bandiyono juga mengaku sudah memasang lampu penerangan jalan tambahan, di beberapa titik di Terminal. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi pemudik.

“Ini langkah preventif kita, agar pemudik ini merasa aman, nyaman, selama berada di Terminal Tirtonadi.” Pungkasnya.

Terpisah, Kaur Lalu lintas Terminal Tirtonadi, Sunardi, mengatakan pihaknya siap menyambut para pemudik dari berbagai daerah di Indonesia. Disebutkan pihaknya akan melakukan penambahan personel selama musim mudik 2023.

“Kita sudah siapkan skema, dan kita akan lakukan penambahan personel, sehingga bisa melakukan pelayanan yang maksimal bagi para pemudik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya