SOLOPOS.COM - Ilustrasi utang negara (indonesia.go.id)

Solopos.com, SOLO – Mungkin Anda penasaran, adakah negara di dunia ini yang tidak memiliki utang? Fakta ini mungkin tampak tak nyata, mengingat hampir setiap negara di dunia memiliki utang sebagai persentase dari PDB, termasuk Indonesia.

Hingga akhir Februari 2022, utang Indonesia mencapai Rp7.014,58 triliun atau 40,17% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Kementerian Keuangan menyatakan angka tersebut mengalami peningkatan, dibandingkan dengan posisi utang pemerintah per Januari 2022 yang berada di angka Rp6.919,15 triliun atau 39,63% dari PDB.

Bahkan, negara-negara ekonomi besar di dunia seperti Amerika Serikat, China, dan Jepang juga memiliki utang nasional yang besar. Namun ternyata di tengah ekonomi  dan gejolak geopolitik dunia yang tak menentu, sejumlah negara bebas dari utang.

Baca Juga: Melebihi Utang Negara, Segini Jumlah Uang Beredar Jelang Lebaran 2022

Dikutip dari idxchannel dan berbagai sumber berikut deretan negara yang tidak memiliki utang:

1. Liechtenstein

Liechtenstein memiliki ekonomi yang berkembang pesat, dengan industri utama seperti elektronik, pengerjaan logam, dan farmasi. Liechtenstein tidak memiliki utang publik dengan rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 0,5%.

Selain tak punya utang, masyarakat Lechtenstein juga terbilang sejahtera. Pendapatan warganya tercatat mencapai Rp1,3 miliar per tahun.

2. Makau

Makau dikenal menghasilkan Rp 574,8 triliun per tahun. Menurut data IMF, selama 15 tahun terakhir, total utang pemerintah Makau berada pada 0%.

3. Kepulauan Virgin Britania Raya

Negara bebas utang berikutnya adalah Kepulauan Virgin Britania Raya. Virgin Island adalah negara non-Inggris dengan sistem pemerintahan yang independen. Selain bebas utang, Kepulauan Virgin Britania Raya adalah negara bebas pajak.

4. Niue

Banyak orang pasti tidak tahu negara ini. Niue adalah sebuah negara pulau di Pasifik Selatan dengan populasi kurang dari 2.000. Negara tidak punya utang, Niue hibahkan Rp201,2 miliar dan mengurus urusan luar negeri dan pertahanan.

Baca Juga: Curhat Menkeu Sri Mulyani, Banyak yang Salah Kaprah soal Utang Negara

5. Palau

Palau merupakan negara kepulauan dengan 300 pulau yang juga tercatat tidak memiliki utang luar negeri.

6. Brunei Darussalam

Negara Asia Tenggara yang bebas utang adalah Brunei Darussalam. Negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah. Padahal, mayoritas penduduk Brunei berkecimpung dalam industri minyak dan gas. Tak heran jika 90% penerimaan negara berasal dari produksi gas.

7. Anguilla

Negara bebas utang lainnya adalah Anguilla. Negara kecil ini terletak di wilayah seberang laut Inggris Raya, Karibia. Anguilla bergantung pada sektor perikanan dan pariwisata untuk kebutuhan negara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya