SOLOPOS.COM - Proyek fisik yakni membuat jalan poros dan saluran irigasi yang dilintasi jalan tol Solo-Jogja mulai dilakukan di beberapa wilayah di Klaten. Pelaksana proyek jalan tol memastikan kawasan yang terdapat yoni tak bakal digusur maupun diuruk demi pembangunan jalan tol. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, JAKARTA–Setelah mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp1,98 triliun, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. bakal mengebut penyelesaian Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo dan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto mengungkapkan PMN yang dikucurkan pemerintah akan difokuskan untik pengembangan bisnis perseroan dalam pembangunan proyek strategis nasional (PSN).

Promosi Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Hektare Lahan Kritis melalui Reboisasi

“Antara lain Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo dengan progres pekerjaan seksi 1.1 sebesar 43%, ditargetkan selesai pada 2023, proyek Tol Yogyakarta-Bawen dengan progres pekerjaan 5%, ditargetkan selesai pada 2024,” ujar dia kepada Bisnis.com, Senin (31/10/2022).

PMN tersebut juga akan dialokasikan untuk penyelesaian SPAM Karian-Serpong (Timur). Adapun, progres proyek SPAM Karian-Serpong masih dalam tahap desain yang ditargetkan mulai konstruksi pada tahun depan.

“Ditargetkan selesai pada 2025,” papar dia.

Pencairan PMN saat ini masih menunggu Peraturan Presiden dan sudah masuk ke Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden.

Jumlah dari PMN yang sudah masuk UU APBN 2022 adalah Rp1,98 triliun, dari dana itu digunakan untuk penyertaan jalan tol Solo-Yogyakarta senilai Rp1,4 triliun, lalu jalan tol Yogyakarta-Bawen sebesar Rp390 miliar, serta proyek SPAM Karian Rp185 miliar.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Adhi Karya Kebut Proyek Jalan Tol Solo-Kulon Progo dan Jalan Tol Yogya-Bawen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya