SOLOPOS.COM - Ratusan warga kurang mampu mendapatkan kado terindah berupa penyambungan listrik gratis dari PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah (Jateng) dan D.I. Yogyakarta.(Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Dalam semangat memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Tengah (Jateng) dan D.I. Yogyakarta memberikan kado terindah berupa penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu.

Tercatat sebanyak 164 keluarga yang kurang mampu di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mendapat sambungan listrik gratis lewat program bertajuk Light Up The Dream (LUTD), Listrik untuk Nyalakan Mimpi. Penyambungan listrik gratis ini dilakukan secara serentak di seluruh Nusantara kepada total 1.450 pelanggan pada Selasa (22/8/2023).

Promosi Telkom Apresiasi Wahyu, Warrior Telkom Akses yang Viral karena Bantu Petani

Salah satu penerima bantuan asal Cilacap, Karsono mengaku sangat terharu dan menyatakan bahwa bantuan ini sangat berarti baginya dan keluarga.

“Selama ini saya nyalur dari adik ipar yang kebetulan tetangga. Terima kasih kepada PLN atas sambungan listrik gratis. Semoga bisa kami manfaatkan dengan baik,” tutur pria yang berprofesi sebagai buruh harian lepas ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Sutarliah, seorang buruh serabutan penerima bantuan asal Kabupaten Tegal. Dengan rasa syukur ia mengungkapkan kebahagiaannya atas bantuan listrik gratis yang diberikan oleh PLN.

“Alhamdulillah saya sangat senang atas bantuan ini. Saya sudah 5 tahun tidak memiliki listrik dan saat ini saya mendapatkan listrik. Terima kasih kepada PLN atas bantuan listrik yang diberikan secara gratis. Semoga bermanfaat bagi saya dan keluarga serta semoga kedepannya PLN lebih baik dan sukses selalu,” ungkapnya.

Program LUTD diinisiasi pegawai PLN melalui pengumpulan donasi untuk menjembatani kesenjangan akses listrik bagi kalangan yang kurang mampu. Hal tersebut menjadi wujud nyata dari komitmen dan kekompakan insan PLN dalam mewujudkan energi berkeadilan sekaligus mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) agar seluruh masyarakat dapat mengakses listrik sehingga mendorong roda perekonomian.

Secara nasional, tahun 2023 ini Program Light Up The Dream telah memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada 13.439 pelanggan yang tersebar di seluruh Nusantara.

Pada kesempatan terpisah, General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi berharap agar bantuan yang telah diberikan dapat memberikan manfaat dan membuat kehidupan warga menjadi lebih baik dan sejahtera.

“Alhamdulillah program inisiasi dari para karyawan PLN ini bisa terlaksana sehingga dapat mewujudkan mimpi masyarakat yang belum mampu untuk menikmati listrik secara langsung dari PLN. Mudah-mudahan dengan hadirnya listrik membuat anak-anak kita bisa belajar lebih baik, beribadah lebih khusyuk dan mendorong perekonomian keluarga dengan berusaha lebih baik. Semoga program ini dapat terus berlanjut agar memberikan dampak positif dan berkah bagi kita semua,” ucap Soffin dalam keterangan tertulis.

Melalui momentum perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, program penyambungan listrik gratis ini diharapkan dapat mendukung pembangunan berkelanjutan dengan memberikan akses kepada masyarakat yang selama ini belum bisa menikmati listrik.

“Sejalan dengan semangat perjuangan kemerdekaan kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa. Semoga tindakan mulia ini akan mengilhami lebih banyak pihak untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan yang berdampak positif pada masyarakat,” ujar Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya