SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengemudi Gojek melayani GoFood. (Istimewa/Gojek)

Solopos.com, JAKARTA  Transaksi layanan pesan antar makanan atau food delivery di Indonesia mencatatkan angka US$4,5 miliar atau setara Rp68 triliun sepanjang 2022. Angka transaksi itu merupakan yang terbesar di ASEAN.

Berdasarkan laporan Momentum Works yang dilansir Dataindonesia.id, nilai penjualan bruto atau gross merchandise value (GMV) layanan food delivery di Asia Tenggara mencapai US$16,3 miliar pada 2022. Jumlah tersebut tercatat naik 5% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang mencapai US$15,5 miliar.

Promosi Layanan Internet Starlink Elon Musk Kantongi Izin Beroperasi, Ini Kata Telkom

Berdasarkan negaranya, GMV layanan pesan-antar makanan Indonesia menjadi yang paling besar di Asia Tenggara. Nilainya mencapai US$4,5 miliar sepanjang tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar GMV didapatkan oleh GrabFood dan GoFood dengan proporsi masing-masing sebesar 49% dan 44%. Sementara, 7% lainnya berasal dari Shopee Food.

Thailand menyusul di urutan kedua dengan GMV food delivery sebesar US$3,6 miliar. Posisinya diikuti oleh Singapura dengan GMV pesan-antar makanan sebesar US$2,5 miliar.

Filipina memiliki GMV pesan-antar makanan sebesar US$2,4 miliar. Ada pula Malaysia dan Vietnam dengan GMV pesan-antar makanan sebesar US$2,2 miliar dan US$1,1 miliar.

Sementara itu, Gojek menyebut  kinerja positif GoFood ini karena pertumbuhan jumlah pelanggan setia (nilai pesanannya di atas nilai transaksi rata-rata pelanggan lainnya) dan meningkatnya rata-rata nilai transaksi per pelanggan di semester II 2022.

Disebutkan selama satu tahun kemarin disokong oleh peningkatan proporsi pelanggan setia di Indonesia dari 38% menjadi 52% dari total jumlah pelanggan GoFood. Tren positif ini juga diikuti oleh capaian bisnis di Vietnam, yang mana nilai transaksi meningkat lebih dari 2x lipat dibanding 2021.

“Kesuksesan ini merupakan wujud keberhasilan strategi GoFood yang berfokus pada pertumbuhan basis pelanggan setia dan berkualitas melalui inovasi produk,” ucap Director/Head of Food and Indonesia Sales GOTO Catherine Hindra Sutjahyo dalam keterangan resmi seperti dilansir dari Dailysocial.id, Jumat (20/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya